PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

10 Kekuatan dalam Social Media Marketing

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Jaman sekarang lagi booming café-café sebagai tempat nongkrong. Entah nongkrong ini sebagai life style baru atau memang jadi sebuah kebutuhan. Namun meski tongkrongan mereka di café, tetap saja mereka lanjutkan tongkrongan itu di media sosial online. Upload foto, beri testimonial ataupun sekedar check-in. Keseruan berlanjut di dunia online.

Mengingat jumlah pengguna social media sedemikian besar, semisal di Indonesia, pengguna facebook mencapai 70 juta jiwa, pengguna instagram 20 juta jiwa. Belum lagi Twitter, Google+, Youtube dan lain sebagainya. Social Media adalah bagaikan pasar menarik!

Disini kami akan bahas kekuatan social media, bukan kesalahan atau kelemahan sang pengguna dalam tingkatkan bisnis nya. Berikut adalah strategi agar kita kuat gunakan social media untuk mendongkrak bisnis.

1. Konsistensi
Berkaitan dengan perilaku kita. Jika pertama kali aktif maka seterusnya harus aktif. Kegiatan di media sosial banyak, diantaranya: posting status dan berinteraksi dengan costumer dengan menjawab pertanyaan atau komentar dari costumer dan masyarakat.

2. Target
Buatlah target untuk bisnis Anda. Target adalah sasaran. Bisa meliputi target pasar, target penjualan, target fans atau follower. Dari penetapan sasaran ini akan terpola jenis konten, waktu publikasi.

3. Perencanaan dan Tujuan
Biar tidak kehabisan ide, buatlah perencanaan konten untuk kegiatan media sosial Anda. Konten untuk hari pertama, kedua, dan seterusnya. Tetapkan tujuan tertentu, semisal untuk publikasi diskon, hadiah ataupun sukseskan ulang tahun perusahaan.

4. Akun Khusus
Pergunakan akun khusus untuk bisnis Anda. Jangan campur adukkan akun pribadi untuk branding perusahaan. Akun pribadi sesekali meneruskan (share) status akun perusahaan.

5. Jangan Hard Selling
Agar follower kita betah terus menerus di social media kita adalah keragaman isi status. Terus menerus jualan akan membuat mereka bosan. Berikan status lain yang non selling agar mereka betah.

6. Ragam Tampilan dan Manajemen Konten
Tampilan status harus variatif. Berikan tampilan teks, gambar atau video pada status Anda. Teks akan sangat monoton. Berikan kombinasi teks dan gambar atau dengan video agar konversi nya lebih tinggi. Kemudian berikan jenis konten yang berkaitan dengan motivasi, edukasi dan jualan dalam satu hari. Jangan melulu jualan.

7. Komunikasi 2 Arah dan Follow Up
Imbas dari bermedia sosial adalah mendapatkan respon komentar dari masyarakat. Bisa jadi itu pertanyaan, testimonial ataupun complain. Balaslah setiap komentar itu sebagai bentuk komunikasi dan perhatian Anda kepada masyarakat.

8. Bentuk Tim
Poin-poin sebelumnya akan lebih fokus apabila kita punya tim khusus yang menangani kegiatan media sosial. Jika dilakukan sendiri akan kewalahan dan akibatnya akan terlantar.

9. Iklan
Jika ada dana marketing, sebarkan akun media sosial Anda ke target pasar Anda. Semisal target nya untuk Indonesia, maka gunakan Facebook Ads untuk iklankan fanpage Anda.

10. Evaluasi
Kegiatan ini bertujuan untuk koreksi dan hasilkan solusi. Evaluasi bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan di media sosial. Libatkan banyak orang untuk kegiatan ini. Semakin banyak kepala, semakin bagus.

Oleh Hendra W Saputro
CEO BOC Indonesia
IG: hendraws
IG BOC: bocjoss

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Thursday, June 18th, 2015 at 2:16 pm and is filed under Internet Marketing, Social Media. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc