9 Strategi Marketing Online Melalui Instagram

9 Strategi Marketing Online Melalui Instagram

instaInstagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial (Facebook, Twitter, Flickr, dll). Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi dan menerapkan filter menarik yang bisa dipilih.

Instagram dapat digunakan di semua smarphone dengan berbagai platform sistem operasinya. Semakin banyak pengguna instagram maka bisa berpotensi menjadikkannya tempat untuk berbisnis.

 Berikut ini adalah 9 tips dan strategi jitu untuk kembangkan bisnis online melalui instagram :

 1. Informasi profil

Jangan tertutup dan harus selalu terbuka, gunakan identitas asli tentang keberadaan toko atau lokasi offline anda. Jelaskan toko online anda tentang apa, untuk siapa, bisa shipping ke mana, cara menghubungi seperti apa, cara memesan lewat apa. Jelaskan!

2. Unggah foto produk paling bagus

Kadangkala hasil potret dari smartphone tidaklah bagus. Bila perlu pergunakan digital camera khusus yang hasilnya bagus dan kemudian olah di akun Instagram Anda. Pilih foto-foto andalan karena foto yang kreatif juga akan menambah ketertarikan terhadap calon pembeli.

 3. Sebarkan ke jejaring sosial lainnya

Ketika siap untuk melepas foto hasil olahan di instagram, selanjutnya ikut sertakan foto itu tersebar ke jejaring sosial sosial Anda lainnya semisal Facebook, Twitter dll. Penyebaran itu sama seperti publikasi viral dan diketahui oleh banyak orang.

 4. Follow sebanyak-banyaknya

Banyak teman adalah banyak rejeki dan berlaku pula jika inisiatif memperbanyak teman bakal mendatangkan follower balik. Ketika Anda follow seseorang, maka sistem itu melakukan notifikasi kepada orang itu dan berpotensi untuk melihat Anda dan foto-foto yang ada didalamnya.

 5. Gunakan hashtag yang tepat sasaran

Contoh jika Anda bisnis makanan dan akan upload foto makanan, ciptakanlah hastag dalam deskripsinya semisal #satelilit. Maka orang-orang yang suka sate lilit akan menemukan postingan Anda.

 6. Upload video atau foto proses bisnis secara berkala

Pembeli yang lokasinya dekat dengan toko offline atau lokasi Anda pasti akan datang secara langsung meskipun hanya sekedar untuk melihat atau memastikan bahwa lokasi tempat dari toko online anda ini benar-benar ada. Manfaatkan hal semacam ini untuk membuat sebuah video transaksi antara pembeli dan anda sebagai pemilik toko, jangan lupa untuk membuat video testimonial! Lalu unggah situasi dan kegiatan para pekerja di toko offline anda.

7. Berikan konten hiburan

Tujuan dari instagram didirikan adalah agar setiap orang berbagi foto ataupun video. Agar tidak terlalu monoton berikan upload foto/video yang bersifat menghibur, seperti memberikan foto lucu, atau video lucu. Kadangkala hal ini akan bangkitkan celotehan ringan dari para follower, sehingga kita tidak terlalu kaku dalam berbisnis.

8. Edukasi

Berikan konten-konten foto/video yang bersifat edukasi kepada para follower. Kadangkala pembeli tidak ingin sia-sia membeli produknya dengan mengetahui manfaatnya secara mendalam.

9. Buat Foto Galeri Online Di Blog/Website

Lho kok masih perlu website? Ya karena konten yang berada di instagram tidaklah seluas/sebanyak yang berada dalam website. Tetaplah website menjadi tujuan akhir informasi lengkap bagi bisnis Anda. Sesekali cantumkan nama website Anda di deskripsi konten instagram Anda. Selamat mencoba.

Oleh Hendra W Saputro

Managing Director BOC Indonesia

dongkrak
BOC Banner

8 Comments

Leave A Response

Promo Hosting

Promo 3 Tahunan Web Hosting

Mendapatkan 3 tahun kontrak web hosting hanya dengan bayar harga setahun, gratis domain name hingga beri cashback ke pelanggan. Stock sangat terbatas dan bilamana tercukupi maka promo akan kami akhiri. Segera klaim paket web hosting 3 tahunan nya di halaman Promo Hosting 3Tahunan.

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux