Analogi berkirim email (SMTP routing)
Sebuah email tanggapan kepada pelanggan Bali Orange
Kirim email ibaratnya kirim paket ke bandara, disana sudah ada pesawat yg menunggu (web server), pihak pesawat akan tanya identitas pengirim paket. Jika teridentifikasi (seting SMTP Authentication ON) dan termasuk perusahaan anggota pengguna pesawat itu, maka paket diperbolehkan masuk dan dikirimkan dengan pesawat itu.
Apa jadinya jika pihak pesawat tdk filtering identitas ? Semua orang akan bisa kirim paket atas nama perusahaan Bapak, pesawat jadi penuh sesak (server berat), kiriman makin banyak dan terkirim ke berbagai macam penerima (yg sebetulnya tdk menghendaki kiriman itu – Inilah spammer). Maka suatu saat, akan ada blocking pesawat di berbagai bandar udara lain. Knapa ? krn pesawat kita dicap sebagai pengirim paket liar. Maka terjadilah blocking email dimana mana.
Gitu kurang lebihnya pak. Kita harus mengamankan property milik pelanggan dr penyalahgunaan oleh pihak lain (spammer). Inilah pentingnya mengaktifkan authentikasi ON pada Outgoing Mail Server. Sedangkan, cara TURN ON pada SMTP Authentication sudah pernah dibahas sebelumnya disini.