PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Anda Mau Dikenal Sebagai Apa?

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Hendra dan Jerinx

Penduduk dunia tahun 2017 adalah 7,5 milyar. Pengguna internet dunia 3,7 milyar. Penduduk Indonesia 250 juta. Pengguna internet Indonesia tembus 132,7 juta-an orang. ‘Negara Facebook’ sudah berpenduduk 1,9 milyar user. Khusus Indonesia saja 87 juta user Facebook. Itu statistik dari APJII dan STATISTA.

Belum lagi Instagram yang tembus 700 juta user seluruh dunia, menyalip twitter yang sekarang cuma 328 juta user. Apa lagi coba? Pengguna Google+? Pengguna LinkedIn, penonton youtube? dan lain sebagainya yang kata para pebisnis senior, mereka itu potensi! Target pasar!

Dimanakah orang-orang berkumpul?

Era industrialisasi dan modernisasi, waktu manusia untuk bersantai sangat sedikit. Waktu manusia untuk silaturahmi bertatap muka sangat beda dengan 20 tahun silam. Untuk antisipasi menyempitnya waktu, silaturahmi jaman sekarang cukup lewat grup WA, grup FB, grup Telegram dan media sosial lainnya.

Ada pula acara silaturahmi yang bentuknya terbungkus dengan kumpul-kumpul, makan-makan, tamasya, lancong, rame-rame, tidak lepas dari selfi-selfi, riuh ramai, foto-foto trus pulang. Apakah lantas beberapa waktu kemudian bakal sepi? Tidak!

Riuh silaturahmi pun masih berlanjut. Dimana? Ya di media sosial lah! Biasanya tempat yang cocok untuk sahut-sahutan adalah Facebook. Semua pada upload foto. Satu persatu kasih komentar, aduh aku tembem, kacamatanya bagus ya, ternyata dia cantik, aduh untung nggak gini gitu, bla bla bla. Rame berlanjut via media sosial!

Padahal ramai itu kita lakukan sambil tiduran di rumah! Ya apa ya?

Waktu hidup jika dibagi-bagi, secara menyeluruh habis untuk urusan industrialisasi, bisnis dan bekerja. Sisanya untuk urus keluarga dan ya sedikit sekali untuk bersosialisasi. Selebihnya apa? Interaksi sosial kita adalah via media sosial belaka!

Terlebih banyaknya manusia habiskan interaksi di media sosial, hal itu banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan untuk gelar dagangannya alias ngiklan. Lihat newsfeed FB Anda, tiba-tiba nyelonong iklan hotel, iklan penerbangan, iklan catering, iklan liburan, dan iklan bisnis lainnya.

Padahal, Anda bisa juga manfaatin media sosial itu seperti mereka, secara gratis. Baik itu terapkan hard selling ataupun soft selling. Lihat pertemanan Anda, jejaring disekitar Anda, itu semua adalah potensi.

Anda mau dikenal sebagai apa?

Apakah Anda mau dikenal sebagai pengawal rakyat dengan komentari kebijakan pemerintah? Pembela tokoh tertentu? Pembela organisasi tertentu? Dikenal suka sumpah serapah, penyebar konten negatif, atau pakar mantan?. Atau mungkin Anda mau dikenal sebagai programmer? Designer? Dikenal sebagai ustad? dikenal sebagai motivator? Dikenal sebagai dagang bunga? Pecinta lingkungan? Penggerak wirausaha?. Segeralah bertapa, tatap cermin, kenali diri Anda. Yang paling mudah adalah tuliskan secara singkat siapa Anda di bagian intro/about you di media sosial.

Jangan buang waktu Anda untuk update status atau berbagi (sharing) konten yang tidak bermutu. Seringlah memberi konten yang bertujuan edukasi atau berbagi yang mungkin sesuai dengan produk/bisnis Anda. Jika Anda berbisnis kuliner maka update lah status yang mayoritas berkaitan dengan kuliner. Sesekali sisipkan produk Anda (hard selling) dan sesekali saja selfie. Perlu diingat bahwa akun pribadi tidak boleh dibuat jualan oleh Facebook. Maka pintar-pintarlah belajar soft selling. Untuk hard selling sudah disediakan di Facebook fanspage.

Keterangan foto: Saya memandu talkshow wirausaha bersama Jerinx drummer SID yang juga pengusaha di acara Pesta Wirausaha Bali 2016. Dalam kapasitas saya sebagai ketua komunitas wirausaha TDA Bali. Selain sebagai seorang digital marketer, saya juga ingin dikenal sebagai aktivis kewirausahaan.

Salam DONGKRAK!

Hendra W Saputro
CEO BOC Indonesia
[ig] hendraws
[ig BOC] bocjoss

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Wednesday, July 19th, 2017 at 6:55 pm and is filed under Tips & Trik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
BOC Banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.
@idboc