PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Definisi Registrar dan Registrant pada Domain Name

Domain name (www.namaanda.com) dan berbagai macam ekstensi lainnya dijual oleh perusahaan yang terakreditasi oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Perusahaan-perusahaan yg telah terakreditasi itu diberi nama Registrar. Untuk menjadi Registrar resmi, beberapa syarat adalah harus siap uang pendaftaran sebesar USD 2000, iuran tahunan USD 4000, mempunyai kapital modal USD 70.000, kemudian asuransi bisnis senilai USD 500.000. Informasi lengkap syarat menjadi registrar bisa dilihat disini.

Contoh perusahaan tergolong menjadi Registrar yang banyak dipakai oleh perusahaan hosting Indonesia dan registrasi domain name adalah : Godaddy, Register.Com, Enom, PublicDomainRegistry (PDR), Onlinenic, dll. Para registrar biasanya menjual langsung secara retail (per satuan domain name) atau menyediakan program reseller registrar. Maksud program reseller ini adalah pemerataan distribusi domain name dan membuka peluang usaha bagi usahawan penyedia jasa website.

Penyedia jasa website akan menjadi tempat pendaftaran bagi masyarakat yang ingin memiliki domain name atau website. Orang yang memiliki domain name disebut sebagai registrant. Para registrant akan diberikan tempat untuk pengelolaan domain name nya yang disebut sebagai domain name manager. Domain manager dari masing-masing registrar mempunyai fitur, fasilitas dan layout berbeda-beda.

Biasanya, orang yang mempunyai domain name banyak tidak mau repot mempunyai beragam registrar. Mereka cenderung untuk mengumpulkan domain name nya dalam satu registrar dan dikelola dalam 1 domain name manager. Tujuan lain biasanya agar mudah dalam urusan perpanjangan domain name pada tahun berikutnya.

Bagaimana dengan domain name Indonesia (or.id, go.id, web.id, co.id, dll)?. Saat ini, pengelolaan (registrar) domain name Indonesia berada di PANDI. Anda bisa mendaftarkan domain name Indonesia disana, atau mengkuasakan pembelian melalui perusahaan jasa website kepercayaan Anda.

This entry was posted on Tuesday, March 10th, 2009 at 5:28 pm and is filed under Domain Name. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Proposal Domain name dan web hosting

Workshop Digital Marketing - DONGKRAK

@idboc