PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Apa itu website ?

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Keberadaan sebuah website bisa diakses menggunakan alat-alat seperti komputer, laptop, tablet (ipad, galaxy tab, dll), dan smartphone. Alat-alat tersebut harus mempunyai program pembuka website bernama browser. Program browser mempunyai banyak merk, diantaranya IE (Internet Explorer, Firefox, Chrome, Safari, dll). Pengguna akan menuju ke sebuah alamat unik internet yang disebut domain name dan menemukan informasi yang tersaji dalam bentuk grafis, teks, gambar, audio, video, animasi.

Dibawah ini akan dijelaskan tentang pengertian website, unsur-unsur dalam penyediaan website, publikasinya dan pemeliharaannya.

Pengertian website

Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Unsur-unsur website

Untuk menyediakan keberadaan sebuah website, maka harus tersedia unsur-unsur penunjangnya, adalah sebagai berikut:

1.    Domain Name / Nama Domain
2.    Web Hosting
3.    Web Design dan Programming

Maka seseorang yang ingin mempunyai website harus memahami dan mempunyai ketiga unsur diatas. Penjelasan dari masing-masing unsur tersebut adalah sebagai berikut :

1.    Domain Name / Nama domain

Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contoh : http://www.bliorange.com

Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah co.id (untuk nama domain website perusahaan), ac.id (nama domain website pendidikan), go.id (nama domain website instansi pemerintah), or.id (nama domain website organisasi). Salah satu perusahaan penyedia nama domain adalah Bali Orange Communications dengan alamat website http://www.baliorange.net

2.    Web Hosting

Web Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website.

Web Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Lama penyewaan web hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri.

Web hosting ini terletak di sebuah tempat bernama data center. Lokasi data center tersebar di seluruh dunia. Ada yang di Jakarta, Singapore, USA, Eropa, dll. Penempatan website di sebuah lokasi data center dipengaruhi oleh target kunjungan website. Contoh: jika target kunjungan website adalah penduduk Indonesia, maka website cocok diletakkan di datacenter Jakarta.

Contoh perusahaan penyedia web hosting adalah di http://www.baliorange.net (Bali Orange Communications).

3.    Web Design dan Programming

Web design adalah kegiatan desain grafis yang menentukan keindahan dan tata letak informasi data (teks, gambar, video, audio, animasi). Desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website.

Web programming bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus.

Beragam bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas website. Jenis jenis bahasa program yang banyak dipakai para desainer website antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, CFM, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap website adalah HTML sedangkan PHP, ASP, JSP, CFM dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya website.

Bahasa program ASP, PHP, CFM, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri. Bahasa program ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.

Pengolahan desain dan programming diatas akan menghasilkan file-file sesuai dengan bahasa program yang digunakan. File tersebut berisi data teks berupa perintah program dan data informasi website. Ada pula website yang dinamis menempatkan data informasinya ke dalam program database, semisal MySQL, MS Access, PostgreSQL, dll.

Setelah ketiga hal diatas terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah instalasi web design dan programming kedalam lingkungan web hosting. Kegiatan instalasi ini meliputi transfer file (FTP), instalasi database, email, dll. Semuanya bisa dilakukan dalam sebuah kontrol panel yang disediakan oleh web hosting.

Publikasi website

Keberadaan website tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya website sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan website kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.

Publikasi website di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan membuat kartu nama, pamlet-pamlet, selebaran, baliho, mengikuti pameran, iklan di media cetak dan elektronik dan lain sebagainya. Ini adalah cara publikasi diluar dunia internet.

Publikasi website didalam dunia internet sendiri bisa dilakukan dengan mendaftarkan website tersebut di mesin pencari (search engine) semisal Google, Yahoo, MSN, dll. Ada juga menggunakan website media sosial semisal Facebook, Twitter, Youtube, dll.

Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi website cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung.

Pemeliharaan Website

Untuk mendukung kelanjutan dari website diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti update bahasa program, penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik website akan terkesan membosankan atau monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.

Pemeliharaan website dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan(tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh website-website berita, penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk website-website pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Tuesday, January 17th, 2012 at 10:04 pm and is filed under Informasi IT. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.
@idboc