Arti Penting Nama Domain (Domain Name)

Arti Penting Nama Domain (Domain Name)

Seorang pelanggan berkata, “Pak, saya ingin website saya diupdate dan diurusin semuanya oleh BOC, termasuk kontrak supportingnya“. Pihak BOC menjawab, “Ok Pak, kita bisa, artinya Bapak ingin memindahkan semua unsur-unsur website kepada kami, yaitu domain name, web hosting dan web design-nya, sekarang kami ingin tahu akses kontrol panel ke domain name (Domain name manager) dan web hosting (Web Hosting Control Panel), karena dari sana kami bisa memindahkan semuanya“. Mata pelanggan itu kembali menerawang dan mencoba untuk mengingat-ingat, akhirnya menjawab, “Wah semua akses kesana itu dipegang sama Pak Anu yang sudah resign dari dulu, dikontak by phone tidak bisa, saya datang ke rumahnya, dia sudah pindah dan tetangganya pada nggak tahu posisi dia dimana“. Ketika di whois, usia domain name itu sudah 7 tahun online di internet. Nah lo ….

Kasus diatas bisa selalu terjadi dalam dunia per-website-an. Ada kalanya pelanggan tidak mau pusing dengan pengelolaan domain name yang notabene adalah miliknya sendiri. Ada pepatah mengatakan, “Apalah artinya sebuah nama“. Kalau dalam dunia internet, sebuah nama akan menjadi penting dan bagian integral dari sebuah perusahaan. Karena domain name adalah representasi sebuah perusahaan di dunia ke 2 (Dunia Maya). Citra dan profil sebuah perusahaan berada pada 2 dunia, yaitu dunia nyata dan dunia maya.

Bagaimanakah jika domain name diatas yang telah berusia 7 tahun itu tiba-tiba hilang dan dimiliki oleh perusahaan yang tidak semestinya ? Bisa ditebak, perusahaan bersangkutan akan mengeluarkan budget ekstra untuk membuat profil baru di dunia maya. Tidak terhenti disitu saja, bagaimanakah dengan pelanggan lama nya ? Bagaimanakah dengan alat-alat marketing offline nya ? Harus mengganti info website pada papan nama, kop surat, brosur, kartu nama, dll. Ribet, menyita waktu, dan keluar biaya besar lagi.

Hal itu hanya dikarenakan pegawai lama yang mengurusi website sudah resign dan status nya unknown, atau webmaster lama sudah tidak bisa dihubungi kembali. Jika Anda seorang pemilik usaha dan ingin membuat website pada pihak ketiga, pastikan bahwa jangan menyepelekan domain name (www.yourcompany.com). Domain name adalah sebuah nama usaha Anda di dunia ke 2 (Dunia Maya), dimana mempunyai potensi untuk bisa dilihat di seluruh dunia.

Pastikan ketika Anda menyewa pihak ke 3 (misalnya BOC), buatlah perjanjian kontrak yang jelas, yang berisi kepemilikan domain name adalah menjadi hak Anda, dan akses domain name manager berada di tangan Anda.

Bila berbicara tentang layanan BOC, kami sadar dan dituangkan dalam kontrak bahwa domain name adalah milik pelanggan. Semua kunci akses untuk domain name akan diberikan kepada pelanggan. Hal ini berguna bila suatu saat bila pelanggan ingin memutuskan untuk pindah jasa karena suatu alasan, maka domain name masih ditangan pelanggan.

Boc Digital
BOC Banner
dongkrak

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux