PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Belanja online lewat internet masih minim

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Perlu Membangun Kepercayaan Konsumen
Konsumen di Indonesia cenderung berhati-hati ketika memutuskan untuk berbelanja melalui dunia maya atau internet. Berdasar riset Nelsen, mayoritas konsumen hanya menganggarkan 5 persen di antara total dana belanja mereka untuk membeli barang lewat internet. Pertumbuhan hingga enam bulan mendatang juga diprediksi tidak signifikan.

“Memang angkanya masih kecil. Tapi, bisnis online di Indonesia sangat prospektif. Selalu ada peningkatan,” ujar Catherine Eddy, executive director consumer research, di Nielsen Indonesia saat jumpa pers di kantornya kemarin. Potensi itu ditunjang pertumbuhan penggunaan internet hingga kuartal pertama 2010 yang mencapai 17 persen jika dibandingkan dengan 2009.

Bahkan, 69 persen responden pengguna internet di Indonesia bersiap untuk berbelanja online pada semester kedua 2010. Lebih rinci, riset yang dilakukan Nielsen menyebutkan bahwa 40 persen responden yang berniat membeli barang melalui internet sepanjang enam bulan ke depan hanya menganggarkan 5 persen di antara total uang belanja bulanan mereka. Sebanyak 36 persen responden menyatakan akan mengucurkan 6-10 persen. Hanya satu persen responden yang menganggarkan 51-75 persen uang belanja bulanan untuk belanja secara online.

Menurut Catherine, ada tantangan besar bagi para pebisnis yang memanfaatkan media internet untuk membangun pasar yang lebih besar. Yang juga sangat penting adalah membangun kepercayaan. Sebab, masih banyak konsumen yang khawatir jika produk yang dibeli tidak sesuai dengan spesifikasi atau tidak sampai ke tangan. “Harus diyakinkan soal pengiriman yang tepercaya. Selain itu, butuh kejelasan tentang pajak,” ungkapnya.

Tingginya kekhawatiran terhadap risiko belanja online ditunjukkan sikap responden yang selalu mencari referensi sebelum membeli barang. Bahkan, 70 persen responden menyatakan berani membeli barang setelah mendapat rekomendasi dari keluarga. Terbanyak kedua adalah rekomendasi dari teman.

Produk laris di internet :
– Buku (38 persen)
– Pakaian, aksesori, dan sepatu (33 persen)
– Tiket pesawat terbang (29 persen)
– Elektronik harian (27 persen)
– Perangkat komputer (25 persen)
Sumber : Nielsen.

Tulisan dari koran Jawa Pos, Kamis 15 Juli 2010

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Thursday, July 15th, 2010 at 10:34 pm and is filed under Internet Marketing. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
BOC Banner
dongkrak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Workshop Digital Marketing - DONGKRAK

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc