PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Definisi Bandwidth & Data Transfer

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Perbedaan antara Bandwidth dan Data Transfer

Sangat mudah menemukan 2 istilah ini, Bandwidth dan Data Transfer, yang biasa digunakan dalam internet, khususnya pada paket – paket web hosting. Secara teknis, ada perbedaan mendasar pada dua istilah ini. Bandwidth adalah menunjukkan volume data yang dapat di transfer per unit waktu. Sedangkan Data Transfer adalah ukuran lalu lintas data dari website Anda. Lebih mudah kalau dikatakan bahwa bandwidth adalah rate dari data transfer.

Apabila bandwidth yang disediakan besar, maka website akan ter-load lebih cepat karena server mampu mentransfer data yang lebih besar tiap detiknya. Hal ini tidak membuat data transfer menjadi besar, karena jumlah dari data transfer tergantung pada jumlah pengunjung website dan ukuran file website Anda (termasuk gambar, audia, video dll). Makin
besar angka pengunjung, makin besar jumlah data yang ditransfer dari website Anda maka makin besar pula data transfernya.

Bandwidth dan Koneksi Internet

Bandwidth pada umumnya menggunakan nilai dalam satuan bits/detik atau bytes/detik. Hal ini sangat penting untuk mengukur jumlah input output (I/O) sebuah alat. Sebagai contoh sebuah modem yang biasa digunakan untuk menghubungkan dengan internet memiliki ukuran maksimum (katakanlah 56 Kbps). Kemudian alat lain adalah sebuah modem kabel yang mampu mentransfer data lebih banyak tiap detiknya dan biasanya memiliki bandwidth sekitar 200 – 1000 Kbps. T1, sebuah Jalur sambungan internet mampu mentransfer data sampai dengan 1.5 Mbps atau lebih.

Kebutuhan Data Transfer untuk sebuah website

Data transfer di ukur dalam bytes, Kilo bytes (KB), mega bytes (MB) atau giga bytes (GB). Jika sebuah website menyajikan 100.000 halaman tiap bulannya dengan rata – rata besar ukuran halaman adalah 20KB, maka data transfer tiap bulannya adalah 2 GB. Hampir 80% dari website yang beredar di internet menggunakan data transfer kurang dari 5 GB/bulan.

30 Gigabytes dari bandwidth bulanan atau data transfer menunjukan sekitar 30.000 pengunjung unik (unique visitor) per hari. Rata – rata sebuah website menggunakan bandwidth kurang dari 250MB per bulan dan dikunjungi oleh 50 pengunjung per hari. Jadi hanya website yang sangat populerlah yang mampu melebihi batasan maksimum 30GB.

Kebenaran tentang data transfer yang tidak terbatas

Beberapa perusahaan web hosting menawarkan data transfer yang tidak terbatas. Bandwidth yang lebih besar akan memakan biaya yang lebih besar dan menggunakan sumber daya server (memory, hard disk dll) yang lebih besar, jadi apabila ada perusahaan web hosting yang menawarkan data transfer yang tidak terbatas dengan harga yang murah maka perusahaan itu tidak akan mampu bertahan di bisnis ini dalam waktu yang lama. Jika Anda membaca “Term of Service” perusahaan yang bersangkutan maka Anda akan menemukan point di bawah ini atau yang sejenis:

If at any time the Customer’s website generates enough bandwidth usage to affect the performance of other customer sites on the server, we reserve the full right to terminate the Customer’s domain name without refund.

Jika suatu saat website pelanggan telah menggunakan bandwidth dengan batas tertentu yang mengakibatkan performa pelanggan lainnya menurun di dalam server yang sama, maka kami berhak mematikan domain pelanggan tanpa kompensasi apapun.

Hal diatas berarti jika perusahaan web hosting tersebut merasa bahwa seorang pelanggan menggunakan bandwidth dan memakan biaya lebih banyak dibandingkan dengan jumlah biaya yang dibayarkan oleh pelanggan tersebut maka perusahaan web hosting akan menutup akun pelanggan tersebut tanpa kompensasi apapun. Tentu saja sumber daya tiap server di atur untuk tidak melebihi jumlah lalu lintas data yang sudah ditentukan, jadi makin besar bandwidth yang digunakan oleh pelanggan tersebut maka akan mempengaruhi akun pelanggan lainnya yang terletak pada sever yang sama. Yang perlu dipertanyakan adalah bagaimana pertimbangan sebuah perusahaan web hosting untuk menyatakan bahwa bandwitdh yang digunakan telah melibihi aturan? apakah 1GB, 2GB, 3GB, 5GB atau lebih? Apakah bandwidth yang ditawarkan benar – benar tidak terbatas? Bagaimana sebuah perusahaan web hosting mengetahui jika seorang pelanggannya telah memakai terlalu banyak bandwidth? dan bagaimana sebuah perusahaan web
hosting menjaga performa server dari kehabisan sumber daya?

Translasi dari http://content.websitegear.com

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Monday, February 16th, 2009 at 11:32 pm and is filed under Informasi IT. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
BOC Banner

14 responses to “Definisi Bandwidth & Data Transfer”

  1. wah, gitu ya…. jadi makin tau…. mantab, saya save ya buat referensi artikel …. makasih… 😉

  2. Indriasari says:

    Blog saya baru saja habis kena bandwith. Info ini bermanfaat buat saya yang baru pemula dalam dunia blog. Kalu boleh saya numpang ikut ngelink. Makasih 🙂

  3. Anda tanyakan ke perusahaan hostingnya, jatah data transfer nya berapa ? Website, semakin lama akan semakin populer dan memakan data transfer yang banyak. Hati-hati dalam pemilihan harga. Hosting bisa murah tapi lihat kuota data transfer nya. Terima kasih atas kunjungannya

  4. […] berlaku Promo Bonus Tahunan : 31 Desember 2009. Bonus lain untuk semua pelanggan : LIFETIME UPGRADE DATA TRANSFER (Bandwidth) di semua paket […]

  5. Olivia says:

    thx buat infonya ^_^

  6. Informasi yang bermanfaat, jadi tambah ngerti dengan seluk beluk dunia web…

  7. bend says:

    mkasih infonya

  8. heru says:

    apa yang menyebabkan bandwidth yang di sewa dari isp tidak sesuai dengan yang di terima client..mohon bantuannya kirim via email ya thx..

  9. ArisClinic says:

    Terima kasih infonya.

  10. raco says:

    mas . di website saya…baru tiga bulan data transfernya kok sudah menyentuh 188 GB yachh….makanya saya beli hostingnya saya naikkan dari 300 gb ke 1500 gb data traffic. saya belinya di amrik…klenger juga mas…untukl bandwidthnya unlimited mohon tanggaoan ke racoplax@yahoo.com

  11. michael says:

    Malam bos, mau nanya sedikit nih.

    Saya mempunyai blog dengan pengunjung rata rata 12.000 per hari, berapa sebaiknya saya menentukan bandwitch untuk pembelian Hosting tersebut.

    Salam

  12. cloud server says:

    makasi infonya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Workshop Digital Marketing - DONGKRAK

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc