PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

[Eksperimen] Google itu ‘Buta’!

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Empat hari lalu saya lakukan eksperimen SEO. Ingin buktikan bahwa Google hanya bisa baca teks saja. Google tidak bisa lihat indahnya pemandangan. Google tidak bisa lihat lezat nya makanan.

Ingin pula tegaskan alur proses pencarian dan penampilan gambar di Google itu berdasarkan teks. Hasilnya: eksperimen saya terbukti! Teknologi Google hanyalah berdasarkan teks. Begini ceritanya:

Saya buat artikel di blog saya www.hendra.ws berjudul: Gnidnirm Korokgnem Ngetes Gugel ‘Buta’! Artikel nya bisa di lihat dan di baca di sini.

Saya ingin fokuskan pada keywords: Gnidnirm Korokgnem, agar muncul di Google Search. Saya pilih kata tersebut karena tadinya tidak muncul di Google. Memang belum ada konten tersebut di internet. Gnidnirm Korokgnem itu asal kata terbalik dari Mrinding Mengkorok.

Artikel saya berisi olahan mengarang indah gunakan kata Gnidnirm dan Korokgnem didalamnya. Dalam artikel itu, saya beri 3 gambar/foto yaitu tampilan pemandangan kintamani, brutu ayam betutu dan tumpeng. Indah dan Yummy.

Eksperimen ini harusnya memunculkan 3 gambar tersebut ketika gunakan keywords: Gnidnirm Korokgnem di Google.co.id. Ya, berhasil! Atas eksperimen itu, hal yang bisa saya simpulkan adalah:

1.  Google akan berikan rangking 1 pada artikel yang relevan dan original untuk keywords Gnidnirm Korokgnem. Artikel saya lah nomor 1. Urutan bawah ada website baliblogger dot org dan aneka blogspot. Kenapa mereka ada dibawah? Karena baliblogger dot org adalah website agregator yaitu copy paste konten blog milik anggotanya. Hendra.ws anggota dari Baliblogger. Konten artikel ini sempat nongol di website baliblogger. Begitupula blogspot itu. Mereka menampilkan RSS Feed dari baliblogger.

Hasil pencarian Google

2. Google images/gambar pun akhirnya menampilkan gambar dari artikel saya. Posisi paling atas! Gambar lainnya berasal dari website hendra.ws dan baliblogger dot org serta blogspot. Google, menampilkan pemandangan dan lezat nya gambar itu untuk pencarian dengan keywords Gnidnirm Korokgnem. Nah pertanyaannya: Apa hubungan Gnidnirm Korokgnem dengan pemandangan dan makanan itu? Disinilah eksperimen ini berbuah kesimpulan bahwa Google itu ‘buta’, tidak bisa lihat gambar!

Google tidak bisa melihat indahnya pemandangan dan tidak bisa lihat lezat nya makanan. Google akan membaca data-data teks yang ada dalam sebuah artikel untuk memunculkan di daftar pencarian. Begitupula dengan pencarian gambar. Google memunculkan gambar atas dasar data-data teks disekitar gambar.

Nama file dua gambar itu adalah gnidnirm-korokgnem.jpg untuk pemandangan dan korokgnemgnidnirm.jpg untuk makanan dengan ALT (Alternative text) gnidnirm korokgnem yang mrinding (pemandangan) dan korokgnem gnidnirm brutu enak (makanan).

3. Maka wahai para UMKM/Startupers/UKM/IKM/nubie bisnis online, buatlah website dengan konten yang original dan berkualitas. Tidak copy paste dari tempat lain. Soal web desain, silakan buat seindah dan serupawan, asal tidak ribut, berantem dan buang-buang waktu. Yang penting ingat bahwa Google hanya bisa baca text! Tidak baca desain! Bahkan tidak bisa baca suasana dalam gambar! Baca gambar itu tetaplah berasal dari nama file dan teks yang ada di sekitarnya!

4. Tujuan buat website adalah untuk marketing dan mencetak profit. Ya kan? Maka buat website itu semakin cepat semakin baik, agar bisa jualan! Jangan berantem dan ribut dengan hati sendiri bahwa punya website itu desain nya harus sempurna. Nanti aja belakangan klo dah punya duit banyak baru bayar web designer yang hebat! Agar sempurna!

Ini web designer yang bisa buat website Anda indah dan rupawan: BOC Digital 🙂

Salam DONGKRAK!

Hendra W Saputro
CEO BOC Indonesia

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Friday, November 10th, 2017 at 7:13 pm and is filed under Tips & Trik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc