PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Email Palsu berisi formulir Paypal [Hati-hati]

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sebuah metode penipuan (phising) melalui email, menampilkan halaman website berisi formulir Paypal, yang memancing pemilik akun Paypal memasukkan informasi kartu kreditnya.

Jika Anda pemilik akun Paypal, hati-hati dengan metode penipuan melalui email yang mengatasnamakan Paypal. Padahal pelakunya bukanlah Paypal.

Kebetulan kami menerima email dari Paypal palsu berjudul “You have changed your PayPal email address”. Isi informasinya memberitahukan bahwa telah terjadi penambahan email baru pada akun Paypal Anda. Sedangkan email baru itu jelaslah tidak ada hubungannya dengan Anda.

Pengirim tadi memanfaatkan rasa kaget dan rasa asing dengan email baru itu dengan menyuruh mengisikan informasi original Anda, yaitu identitas diri dan informasi kartu kredit. Agar Paypal menolak email baru tersebut dan Anda tetap aman. Jika dituruti, maka semua isian formulir tersebut tidak akan masuk ke Paypal, namun terkirim ke si penipu.

Isi email menampilkan halaman dan formulir yang serupa dengan milik Paypal (klik pada gambar-gambar yang ada dalam postingan ini). Bahkan target link-link menu yang ada didalamnya semuanya mengarah ke Paypal. Namun, kami berhasil identifikasi keanehan pada target link pengiriman isi formulir melalui view source HTML nya. Tidaklah mengarah ke Paypal, namun diarahkan ke http://nerolarp.com/x/userrpd.php.

Saat kami cek source header email, informasi pengirimnya pun bukan dari Paypal, namun website lain. Mencurigakan. Simak gambar-gambar dibawah ini. Jadi hati-hatilah.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Friday, June 24th, 2011 at 1:08 am and is filed under Informasi IT, Kasus Website. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
BOC Banner

5 responses to “Email Palsu berisi formulir Paypal [Hati-hati]”

  1. Thanks gan atas infonya. Syukurlah ada info seperti ini, saya sendiri sih belum pernah dapat email seperti, dan setahu saya Paypal selalu memberikan info dengan langsung menyebut nama pemilik akun, bukan Dear Customer, trus linknya yg secure : https. nah untuk yang awam seperti saya ngecek sourcenya dimana? apa klik kanan, inspect element aja dan check return path dan receivednya? (berlaku utk semua website?)

    Thanks atas infonya

    Salam
    Arya A Suryaningrat

  2. makasih gan infonya, kalau begini kan bisa hati2 kalau ada dapat seperti ini,,,

    ini sangat berguna banget

  3. tnks tutorial nya,,
    sangat mmbantu sekali,,

  4. wah2 info yg bgus ny,,
    agar bisa hati2

  5. M Bachrain says:

    thank info nya.. tadi ada datang email suruh klik ke https://www.paypal.com.sg.. saya takut itu palsu.. langsung saya laporkan sebagai spam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc