PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Facebook Viral Marketing

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pengguna Facebook (FB) di seluruh dunia semakin bertambah dan jadikan media sosial favorit di masyarakat. Dengan FB kita bertemu dengan teman lama, berbagi cerita (foto dan video), mendapatkan informasi, bisa belanja, bisa berbisnis, bisa chatting, tempat curhat dan bahkan ketemu jodoh disana.

FB juga menawarkan fasilitas penunjang untuk bisnis dan berorganisasi diantaranya Anda bisa membuat Facebook page dan membuat group dengan topik sesuai bidang/topik tertentu. Jika Anda berbisnis, sebaiknya memanfaatkan fasilitas FB page untuk publikasi produk dan profil usaha. Jangan menggunakan akun personal yang tentunya bisa jadi mengganggu teman-teman Anda. Tarik garis tegas bahwa akun Anda adalah untuk urusan personal walaupun itu bisa disisipi untuk bisnis. Tentukan porsi nya untuk update status informasi personal dan informasi bisnis. Kalau terlalu banyak porsi status bisnis, teman-teman Anda akan bosan membaca nya dan akhirnya terkucilkan sendiri.

Kekuatan sosial yang dimiliki FB mampu jadi alat marketing yang murah dan ampuh. Kalau di dunia nyata kita mengenal sebuah brand/produk yang tersebar dari mulut ke mulut, maka di FB punya kemampuan tersebut yang hal itu biasa disebut Viral Marketing, marketing dari satu pengguna FB ke pengguna lainnya. Produk kita berpotensi tersiar dari satu pengguna ke pengguna FB lainnya. Bagaimana cara nya?

Manfaatkan jaringan pertemanan Anda

Sebagai pribadi sosial, tentunya kita punya teman di FB. Setelah membuat Facebook page, undang teman-teman untuk Suka/Like page Anda. Teman yang sudah klik tombol Suka/Like disebut fans. Bagaimana jika belum punya teman banyak? Anda bisa mencari fans menggunakan penawaran Facebook Advertising atau iklankan FB page. Tentunya hal ini berbayar. Fans yang terkumpul adalah aset Anda untuk melakukan marketing.

Efek viral marketing adalah ketika teman Anda klik tombol suka pada FB Page. Aktivitas suka itu akan tampil di News Feed teman-temannya. Jika teman-temannya klik suka maka akan tampil di news feed jaringan pertemannya. Aktivitas ini berpotensi hasilkan fans baru. Bingung? Begini :

Anda punya FB page, undang si A untuk suka. Jika si A klik tombol suka maka aktivitas suka ini akan tampil di news feed teman-temannya. Salah satu temannya, katakanlah si B klik suka maka aktivitas ini akan tampil di news feed teman-temannya. Seperti gambar dibawah ini:

facebook-viral-marketing

Buat status yang menarik dan bermanfaat

Ketika punya FB page jangan penuhi status dengan informasi berjualan saja. Berikan porsi status yang sifatnya mendidik atau menyenangkan agar mengundang interaksi fans. Bisa jadi para fans akan klik suka atau berkomentar terhadap status Anda. Sesekali ajak para fans untuk share status tersebut jika mereka merasakan manfaatnya.

Isi informasi status mempunyai kekuatan interaksi yang berbeda-beda. Isi status yang hanya memuat informasi teks akan berbeda interaksi jika Anda membuat status disertai dengan gambar. Secara penyampaian makna, gambar lebih banyak bercerita daripada informasi berbasis teks. Jadwalkan update status secara periodik agar fans tahu bahwa bisnis Anda dinamis, semisal 3 kali sehari. Semakin banyak intensitas update status maka semakin baik.

Buatlah website

Keberadaan website tetaplah menjadi media lengkap dan terorganisir bagi bisnis Anda. Informasi bisnis terkategorisasi menjadi halaman-halaman yang khusus menampilkan produk, profil, cara belanja, testimonial, cara pembayaran, kontak, dll. Pelajari cara buat website yang meyakinkan.

Membuat website itu mudah. Saat ini banyak program CMS (Content Management System) semisal WordPress, Joomla, Drupal yang bisa diinstal dengan mudah agar menjadi tampilan sebuah website. Tinggal instal melalui kontrol panel web hosting dan Anda siap isi informasi bisnis Anda.

Sesekali sambungkan URL/alamat tertentu dalam website menjadi sebuah status di FB page. Maka fans akan klik link tersebut dan mendarat di website Anda. Jadi bisa dikatakan bahwa FB page adalah kanal menuju website tempat semua informasi bisnis Anda.

Kesimpulan awal: marketing melalui FB page mempunyai banyak potensi positif bagi bisnis Anda. Masyarakat dari semua strata minat akan mengetahui bisnis Anda. Informasi bisnis akan melekat di benak mereka dan punya potensi hasilkan penjualan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Tuesday, June 3rd, 2014 at 1:55 am and is filed under Internet Marketing. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc