PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Fasilitas CloudLinux di BOC

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Apa itu CloudLinux ?
CloudLinux adalah teknologi OS komersial pertama yang bertujuan memberikan kestabilan pada sebuah web server, dengan cara membuat sebuah ruangan virtual untuk masing-masing akun / user cPanel.

Mengapa CloudLinux ?
Di dalam server konvensional, tidak ada pembatasan sumber daya (resources) untuk masing-masing user (user adalah 1 akun cPanel, bukan 1 domain). Jika ada 1 user menggunakan sumber daya server secara berlebihan, maka sumber daya satu server secara keseluruhan akan dipergunakan. Jika berlebihan akan mengakibatkan downtime, maka user-user yang lain pun terkena imbas juga, ikut down.

Masalah utama resources adalah dari penggunaan CPU, IO disk, query MySQL yang buruk dan penggunaan script yang berlebihan. Sebelum CloudLinux ada, admin web server akan non aktifkan (suspended) sementara user yang habiskan resources pada satu web server demi menjaga kestabilan server dan tidak mengganggu user yang lainnya mengingat ini adalah shared hosting.

CloudLinux akan isolasi/membatasi penggunaan resources pada masing-masing user. Sehingga, jika ada 1 user yang overload, maka user lain tidak terganggu dan server tetap stabil.

Bagaimana cara bekerja CloudLinux ?
CloudLinux menjaga server dan para user (cpanel) untuk penggunaan sumber daya yang terukur. Itu karena setiap user terisolasi di lingkungan mereka sendiri  melalui teknologi LVE (Lightweight Virtualized Environments) dan diberi jatah jumlah sumber daya yang telah ditetapkan oleh admin web server.

Jika satu user tiba-tiba mendapatkan lalu lintas pengunjung yang besar dan memakan banyak sumber daya (overload), maka satuan LVE itu berlaku untuk user yang bersangkutan, Apache akan mulai memproduksi 503 error – server sibuk. Begitu jumlah koneksi bersamaan turun, website akan siap untuk menerima koneksi baru dan akan mulai bekerja kembali.

Apa dampak penggunaan CloudLinux ?
Secara umum terhadap web server, CloudLinux akan memberikan kestabilan web server. Waktu uptime akan terjaga baik, karena masing-masing user sudah mempunyai jatah penggunaan sumber daya (CPU Usage, Memory Usage, Entry Processes). User satu dengan yang lain tidak saling terganggu.

Tanda jika user menggunakan sumber daya yang berlebihan adalah akses ke website jadi lambat, atau bahkan muncul halaman error seperti berikut :

1. Internal Error 500
2. Gateway Timeout 504
3. Service Unavailable 503/508

Kalau website mendapatkan halaman error seperti itu, berarti resources yang digunakan sudah penuh. Solusinya adalah upgrade ke paket hosting yang memberikan resources lebih besar atau menggunakan hosting berjenis VPS (Virtual Private Server).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Monday, December 19th, 2011 at 12:33 am and is filed under Info Web Server. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.
@idboc