PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Hilangkan “Reported Attack Site!” pada Website

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

reported_attack_logo.jpgPernahkan Anda melihat sebuah website berisikan “Reported Attack Site!” jika membukanya menggunakan browser Mozilla Firefox atau “Warning: Visiting this site may harm your computer!” jika membukanya menggunakan browser Google Chrome.

Peringatan tersebut datangnya dari Google yang menerapkan aturan ketat dalam melindungi dari injeksi bahasa program yang berbahaya (pishing dan malware) melalui halaman website tersebut bagi penggunanya. Maka Google memberikan peringatan tersebut bagi pengguna dan pemilik website agar segera menghapus tag-tag script yang tergolong malware. Tag script tersebut biasanya berasal dari pemiliknya sendiri tanpa sadar upload file yang sudah terinjeksi malware. Bisa juga berasal dari instalasi program pihak ketiga (misal WordPress/Joomla) yang masih ada celah/bug keamanannya.

Bagi pemilik website, harus mewaspadai adanya malware ini. Biasanya malware yang menyerang website adalah :

Invisible iframe
iframe merupakan salah satu tag dalam HTML. Dalam kasus ini merupakan cara untuk menampilkan link menuju sebuah website yang termasuk dalam kategori malware oleh google. Biasanya tag ini akan menampilkan mini windows yang tidak terlihat oleh pengguna. Jika anda menemukan iframe with width=“0” and height=“0” pada source code website anda maka anda harus curiga bahwa itu adalah malware.

Obfuscated code
Obfuscated code adalah skrip atau kode yang dibuat tersembunyi pada source code website anda sehingga akan sulit diketahui. Jika anda membuat sendiri source code web anda mungkin akan lebih mudah dikenali, tetapi jika anda menggunakan template seperti joomla dan wordpress tentu akan lebih sulit diketahui dan biasanya berupa javascript.

Untuk menghilangkannya, adalah dengan menghapus semua invisible iframe dan obfuscated code yang ada pada web anda dan melaporkan ke google bahwa anda sudah menghapusnya. Bagaimana cara melaporkannya ke google, pertama adalah anda kunjungi google webmaster tool kemudian login menggunakan account anda, pada menu dashboard pilih request review setelah mengklik web site anda lalu ikuti petunjuknya.

Contoh tampilan website terinjeksi pada Firefox

reported_attack_site.gif

Contoh tampilan website terinjeksi pada Google Chrome

reported_attack_site_chrome.gif

Diposting diatas kapal penyeberangan Gilimanuk – Ketapang.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Saturday, July 11th, 2009 at 1:53 am and is filed under Kasus Website. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
BOC Banner

2 responses to “Hilangkan “Reported Attack Site!” pada Website”

  1. mayonaise80 says:

    mas tolong punyaku dong…hik hik hik…pemula aku

  2. Nurul Imam says:

    solusiya apa ?
    saya nggak pernah masang script yang aneh 2
    saya juga udah ganti total template blognya namun hasilnya nihil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc