PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Kenapa Konsumen Suka Transaksi Lewat WA?

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pada sebuah workshop yang saya bawakan tentang tips membangun website efektif, ada pertanyaan yang cukup bagus. Begini:

“Saya sudah punya website toko online gunakan shopping cart. Namun kenapa pelanggan sukanya bertransaksi lewat WA ya?”.

Hal tersebut dikarenakan:

1. Fasilitas shopping cart nya kurang terlihat di halaman depan. Biasanya terlalu banyak expose informasi produk (foto-foto) di halaman depan. User tidak tahu bahwa di halaman lain ada shopping cart nya. Sebaiknya perlihatkan sebagian produk yang ada tombol beli nya.

2. Customer service nya kurang edukasi user agar memaksa mereka belanja online di shopping cart website nya. Kawatir bakal batal beli, si CS terpaksa menerima transaksi lewat WA.

3. Tidak ada unsur Call To Action (CTA) yang jelas di website nya yang menerangkan cara belanja. Sebaiknya di halaman depan dan seterusnya diberikan box info tentang cara belanja.

Jadikanlah WA hanya sebagai fasilitas tanya jawab secara umum antara pemilik website dan calon pelanggan nya. Namun kadangkala pemilik website cukup kewalahan menjawab pertanyaan yang topik nya sama dari para pelanggannya.

Solusinya?

Buatkan satu halaman berisi Frequently Ask Question (FAQ). Semisal cara pembayaran, metode konfirmasi pembayaran, cara packing, penggunaan jasa ekspedisi, dan lain sebagainya. Ketika mendapatkan pertanyaan tersebut, maka pemilik website cukup memberikan URL tempat jawaban nya. Ya di halaman FAQ tadi.

Pelanggan bertransaksi melalui WA menjadi wajar apabila skala transaksinya masih kecil. Tapi bila tiap hari akan layani 25 lebih transaksi? Jemari pemilik website akan keriting. Maka fasilitas shopping cart dan aturan-aturan transaksi online sebaiknya dijelaskan sedetail mungkin. Mengacu pada poin 1 – 3 diatas.

Menjadi sebuah kewajaran lagi bila pemilik website ingin berikan sentuhan personal berikan transaksi melalui WA. Namun perlu waspada jika transaksi sudah banyak. Sebaiknya diberikan jam transaksi agar lebih tertata manajemen waktunya. Misal, transaksi dilayani pada hari kerja jam 8 pagi – 5 sore. Aturan itu harus jelas tertera di website. Agar pemilik website bisa tenang di malam hari nya. Bahkan biar tidak ketinggalan foto bersama dengan teman-temannya :p

Semoga bermanfaat.
Salam DONGKRAK!

Hendra W Saputro
CEO BOC Indonesia
[ig] hendraws
[ig BOC] bocjoss

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Keterangan foto: Ilustrasi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Thursday, February 8th, 2018 at 7:59 pm and is filed under Tips & Trik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
BOC Banner
dongkrak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Workshop Digital Marketing - DONGKRAK

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc