PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Penipuan, website Scam mengatasnamakan eBay.Com

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

ebay_user.gifEmail datang di inbox yang saya kira dari eBay, sebuah website e-commerce besar dunia yang menangani lelang dan belanja online. eBay sering digunakan oleh pelaku bisnis Indonesia untuk menawarkan produk atau digunakan oleh pengguna internet untuk belanja. eBay Inc juga memiliki situs jasa pembayaran online Paypal, Skype, StubHub, dan bisnis lainnya.

Email ini menarik ketika saya disebut sebagai member eBay, padahal saya tidak pernah daftar menjadi anggota eBay. Diawal sudah curiga bahwa email ini adalah sebuah kegiatan Scam berjenis Phishing. Yaitu kegiatan dengan rasa percaya diri dalam skema bisnis yang curang dan masuk kategori kriminal melanggar hukum. Secara teknis dalam dunia internet, kegiatan phishing berasosiasi dengan pencurian data-data sensitif seperti username, password, nomor kartu kredit dengan menciptakan komunikasi elektronik palsu. Pelaku biasanya menciptakan sebuah tampilan website palsu untuk mengelabuhi korban. Sang korban akan beranggapan bahwa website itu biasanya sering digunakan untuk transaksi elektronik.

Email berjudul eBay Unpaid Item Dispute for Item #190286429850– Response Required itu berisi intruksi yang mengharuskan saya menuju ke sebuah website, agar bisa melihat transaksi yang terjadi. Tampilan email itu seperti dibawah ini :

ebaydispute1.gif

Kecurigaan semakin bertambah ketika nama domain atau nama website utama tidak mengandung unsur nama eBay, tetapi hanya nomor IP (Internet Protocol) saja. Selanjutnya kegiatan investigasi berlanjut mencari tahu pemilik IP yang tertera dalam link website dan IP pada header email.

IP utama link website adalah : 221.122.32.222 dengan URL lengkap seperti dibawah ini :

http://221.122.32.222/icons/small/ps1.gif/signin.ebay.com/ws/ebayISPP.dll/SignIn/index.html?SignIn&co_partnerId=2&pUserId=&siteid=0&pageType=&pa1=&i1=&bshowgif=&UsingSSL=&ru=http%3A%2F%2Fwww.ebay.com&pp=&pa2=&errmsg=&runame=&ruparams=&ruproduct=&sid=&favoritenav=&confirm=&ebxPageType=&existingEmail=&isCheckout=&migrateVisitor=

Link URL tersebut menampilkan halaman website seperti tertampil dibawah ini. Selanjutnya saya menuju eBay.Com untuk mencari tahu langsung tampilan halaman Login. Ternyata, halaman itu serupa dengan halaman asli login ke eBay, hanya beda alamat URL nya saja.

ebay_page.gif

Penelusuran selanjutnya dengan melihat rincian detail informasi header email dalam inbox saya. IP pengirim email terdeteksi menggunakan 65.11.98.222 dan diteruskan ke 67.100.245.154 dengan nama host mother.aparisi.com (URL induk menggunakan aparisi.com)

email_header.gif

Hasilnya adalah :

IP 65.11.98.222 berada di Hollywood, USA milik sebuah ISP bernama BellSouth.net.

ip_65_11_98_222.gif

IP 67.100.245.154 berada di Washington, USA digunakan oleh Jaime W Aparisi Attorney dan milik sebuah ISP Covad Communications.

ip_67_100_245_154.gif

IP 221.122.32.222 berada di Beijing, China digunakan sebagai web server website eBay palsu tersebut.

ip_221_122_32_222.gif

Sedangkan, IP web server milik eBay (ebay.com) adalah :
66.211.160.87, 66.211.160.88, 66.135.205.13, 66.135.205.14, 66.135.221.10, dan 66.135.221.11.

ip_ebay.gif

Dari identifikasi IP, jelas sudah beda dan link website diatas adalah PALSU. Email semacam ini perlu mendapatkan perhatian khusus kepada anggota eBay. Jika menerima email jangan langsung melaksaksanakan perintah didalamnya, tapi waspadalah untuk memastikan kebenarannya.

Hostname pengirim email yang menggunakan mother.aparisi.com, jika diakses dengan domain name induk aparisi.com adalah sebuah website kantor pengacara Jaime Winthuysen Aparisi and Associates yang beralamatkan di 8630 Fenton Street, Suite 932, Silver Spring, Maryland – USA.

aparisi_com.jpg

Jika kegiatan scam ini diceritakan dalam kronologis kejadian perkara, kira-kiranya seperti ini :

Pelaku membuat website yang serupa dengan eBay.Com dan menempatkan file website tersebut di sebuah web server (IP 221.122.32.222) di Beijing, China. Lantas, pelaku membuat sebuah email berisi instruksi penggunaan eBay palsu dan dikirimkan melalui sebuah komputer di Hollywood (IP 65.11.98.222) menggunakan ISP BellShout.net. Paket email tersebut diteruskan ke mail server milik kantor pengacara aparisi.com (IP 67.100.245.154) untuk disebarkan ke dunia internet (salah satunya diterima oleh saya). Sepertinya pelaku mempunyai akses ke mail server milik aparisi.com. Korban akan membuka email dan klik halaman website eBay palsu yang berada di web server Beijing, China. Jika korban tidak tahu, maka username dan password eBay itu akan terkirimkan ke Pelaku. Selanjutnya, pelaku akan mempergunakan informasi korban untuk tujuan yang diinginkannya. Boom ….

Jadi, kesimpulannya, harap waspada jika menerima email bagi pengguna eBay ataupun website bisnis online lainnya.

Informasi tentang scam mengatasnamakan eBay juga dibahas di website review eBay.Com.

Lihat juga informasi cara mengenali website eBay.Com yang asli.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Sunday, March 15th, 2009 at 12:36 am and is filed under Kasus Website. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
BOC Banner
dongkrak

7 responses to “Penipuan, website Scam mengatasnamakan eBay.Com”

  1. dave says:

    thank friend for precious information ,it really help ..
    Bravo ,,maju terus ..friend ..

  2. inisial_v says:

    berpikir dngan otak yg dingin dan hati yang bersih. noid_design@blogger.com hahaha

  3. noname says:

    kata2 yang indah dan daleeeeemmmmmm banget

  4. inisial_v says:

    setinggi apapun ilmumu.,tetap saja naluru n filling yg the best

  5. OYAX says:

    good info mas..semoga dapat pahala ya…
    SANGAT BERGUNA ..mohon terus up date INFO INFO TERBARU

  6. arifH says:

    menarik sekali investigasinya. dengan kehati-hatian kita akan terhindar dari penipuan.

    bisnis ebay yang paling menguntungkan adalah mengandalkan dropship. Gak pakai modal, gak pakai stock barang dan gak perlu mikirin produksi. Cuman listing trus pesan. Yang ngirim juga perusahaan dropship.
    Coba liat di DropshipKaos.com
    YM:rfharyanto@yahoo.com

  7. It had been a while since I visited internet site with this kind of the best data. Thansk tons for the useful info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Workshop Digital Marketing - DONGKRAK

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc