PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Prosedur Transfer Domain Name ke Bali Orange

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

icon_transfer2.gifSelama ini kami menerima transfer domain name dari perusahaan penyedia jasa pendaftaran domain lain ke Bali Orange Communications (BOC). Pelanggan tersebut biasanya ingin mengatur domain name nya melalui satu atap ditempat kami.

Dengan satu akun milik pelanggan sendiri dalam domain manager yang disediakan oleh BOC, maka pelanggan tadi tidak perlu kebingungan lagi dalam manajerial domain-domain nya. Simak ilustrasinya sebagai berikut :

PT. Teakworld mempunyai domain name www.teakw.com. Domain tersebut didaftarkan melalui perusahaan A di Jakarta sebagai penyedia jasa pendaftaran domain name. Perusahaan A tadi menggunakan Registrar (badan pendaftar nama domain) ONLINENIC.COM. Maka, untuk melakukan perpanjangan domain name, modifikasi seting domain name, dll, harus melalui Perusahaan A tadi.

PT. Teakworld ingin domain name www.teakw.com itu dikelola oleh BOC, agar jadi satu atap dengan domain-domain name nya yang lain dalam 1 akun domain name manager. Sehingga nantinya untuk memperpajang masa berlaku domain name, manajerial domain name cukup melalui domain manager yang disediakan oleh BOC.

Maka langkah yang dilakukan oleh PT. Teakworld adalah :

1. Memastikan domain name teakw.com tidak terkunci (LOCKED), agar status domain name itu OK. Kalimat status LOCKED biasanya seperti ini : Status: clientDeleteProhibited, Status: clientRenewProhibited, Status: clientTransferProhibited, Status: clientUpdateProhibited. Misal seperti ini :

prohibited.gif

Untuk mengetahui status domain name, gunakan fasilitas WHOIS domain name, seperti who.is.

2. Memastikan bahwa email pada Administrative contact domain name teakw.com aktif. Karena BOC akan mengirimkan email Approval untuk transfer domain. Tanpa ada approval dari pemegang Administrative contact, domain tersebut dipastikan gagal tertransfer. Misal email yang tertera di Administrative Contact adalah teakw@yahoo.com.

3. Mendapatkan kode domain name Authorization (EPP Code/Domain Secret/Transfer Authorization Code). Kode otorisasi ini akan digunakan BOC untuk memindahkan domain name teakw.com. Kode ini berada dalam domain manager yang disediakan oleh Perusahaan A.

4. Setelah 3 hal tersebut terpenuhi, PT. Teakworld mengkontak BOC dan memberikan kode otorisasi transfer. Atau PT. Teakworld langsung melakukan order transfer domain disini.

5. BOC akan melakukan proses Transfer.

Catatan : Jika Anda kebingungan untuk menyelesaikan hal pada poin 1 – 3, harap hubungi Perusahaan A. Jika Perusahaan A tidak memberikan akses, silahkan kontak langsung ke Registrar.

Setelah BOC melakukan eksekusi transfer domain name, langkah yang harus dilakukan oleh PT Teakworld adalah :

1. Klik link persetujuan (approval) yang terkirimkan ke email pemegang kontak administratif. Dalam hal ini, link tersebut berada dalam email teakw@yahoo.com. Judul email adalah : Transfer Authorization for teakw.com. Contoh email yang terkirimkan oleh BOC adalah sebagai berikut :

transfer.gif

2. Halaman selanjutnya adalah : Transfer telah mendapatkan persetujuan. Selanjutnya, Perusahaan registrar BOC (PublicDomainRegistry-PDR) akan menyelesaikan urusan transfer dengan pihak ONLINENIC.COM.

3. Dalam kurun waktu 2 – 4 hari, ONLINENIC.COM akan mengirimkan email ke teakw@yahoo.com (Administrative Contact) berjudul : Notification of transfer registrar(teakw.com). PT. Teakworld tidak perlu membalas email tersebut ataupun klik sesuatu didalamnya. Contoh seperti ini :

transfer2.gif

4. Sesuai pemberitahuan dari ONLINENIC.COM, proses transfer ke BOC akan berjalan dalam waktu 3-4 hari.

5. Melakukan pengecekan status transfer nama domain tersebut ke BOC.

Catatan :

  • Isi email dari masing-masing Registrar bisa berbeda, tetapi pada intinya sama.
  • Waktu respon dari masing-masing Registrar bisa berubah-ubah, tergantung system kerja mereka. Pada umumnya, proses transfer domain name memakan waktu 10 hari.
  • Domain name tidak bisa ditransfer ke BOC jika domain name Anda masuk masa Redemption Grace Period.
  • Jika Anda ingin menggunakan hosting di BOC, maka rubahlah DNS nya terlebih dahulu, baru kemudian transfer domain name.
  • Regulasi ICANN & Registrar melarang melakukan transfer domain name yang baru terdaftar atau baru diperpanjang dalam kurun waktu 60 hari. Jika ingin melakukan transfer domain name kepada BOC, maka tunggu waktu 60 hari tersebut berakhir.

Pembiayaan Transfer Domain Name:
Biaya Transfer domain name adalah sama seperti biaya pendaftaran domain name. Anda akan mendapatkan plus 1 tahun perpanjangan. Biaya tersebut dibayarkan ke BOC.

Baca juga prosedur transfer web hosting dari perusahaan lain ke BOC.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Monday, June 22nd, 2009 at 7:15 pm and is filed under Domain Name. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
BOC Banner

5 responses to “Prosedur Transfer Domain Name ke Bali Orange”

  1. saya baca sekilas,,, mirip kaya mau pindah adityaprinting.com ya

  2. […] bisa baca artikel mengenai transfer domain name dari perusahaan lain ke BOC. Baca tulisan mengenai transfer domain name. Semoga […]

  3. E-commerce website is a database driven shopping cart system with multi and unlimted level of products are

    managed through effective online catalogue with ease and user friendly. This enables you to update your website

    with easy to use from control panel. adding, editing and deleting products, managing product images and enable

    secure ordering.Fayetteville nc Webdesign

  4. dari wordpress. apa bisa dirubah mencadi “web.id”…
    mhon balasan secepatnya,,

  5. […] adalah penjelasan singkat cara transfer domain name ke BOC. Versi penjabaran lengkap nya disini. Artikel yang berkaitan : Cara Pindah Web Hosting dari perusahaan lama ke […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc