PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Sebarkan Pasar Dan Efisiensi Usaha dengan Teknologi Informasi Berbasis Internet

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Perkembangan pasar dalam bisnis dari masa ke masa cukup menarik untuk dicermati. Terjadi perbedaan sebaran pasar dari era sebelum dan sesudah tahun 2000 dimana sebelumnya potensi pasar hanya tersebar di sekitar tempat bisnis itu berada. Semenjak teknologi informasi ikut andil dalam proses bisnis, sebaran menjadi luas. Pasar terbentuk sampai ke luar daerah, luar provinsi, seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri.

Jika kita bicara tentang teknologi informasi yang digunakan oleh pebisnis, maka mayoritas akan setuju bahwa teknologi informasi berbasis internet adalah alat utama dalam menyebarkan pasar. Didalam internet sendiri mempunyai program-program pendukung seperti adanya website dan beragam aplikasi yang juga berperan mempermudah proses layanan sebuah produk.

Dalam tulisan ini, akan mencoba ulas tentang kemudahannya sesuai dengan bidang usaha yang kami tekuni yaitu bisnis registrasi domain name dan penyediaan web hosting. Bisa juga terjadi kemiripan dalam proses layanan dengan bidang-bidang usaha lainnya karena produk yang kami jual sejatinya adalah komoditas. Apapun itu bisnisnya jika menggunakan internet harus mempunyai produk atau komoditi yang akan dijual.

Perusahaan kami bernama Bali Orange Communications (BOC), mempunyai 2 tempat untuk berjualan. Tempat jualan pertama adalah sebuah kantor fisik yang berada di Jl. Narakusuma 11, Denpasar, Bali, sedangkan tempat jualan yang kedua adalah kantor online yang berada di http://www.baliorange.net.

Jika kami berbicara tentang sebaran pasar di tempat pertama maka konsumen nya hanya di sekitar area kota Denpasar. Konsumen akan datang ke kantor dan melakukan pemesanan dan transaksi secara langsung disana. Sedangkan untuk tempat jualan online, konsumen kami tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Jika merujuk ke database perusahaan, BOC saat ini mempunyai kurang lebih 3000 pelanggan.

Kemudahan untuk menampilkan produk dan layanan usaha

Dengan hadirnya website, ragam produk BOC bisa kami tampilkan disana, sehingga mempermudah calon konsumen untuk memilih sesuai dengan kebutuhannya. Website mampu menjelaskan secara lengkap produk dan fasilitas yang akan didapat oleh konsumen. Bisa pula menjelaskan secara detail berbagai panduan tentang cara penggunaan produknya.

Metode serupa bisa diterapkan oleh pebisnis yang ingin memperluas pasar dengan menyajikan produknya secara lengkap. Dengan website, pebisnis tidak perlu lagi gunakan cara konvensional menggunakan jasa ekspedisi seperti mengirimkan brosur, lembaran proposal ataupun profil produk kepada calon konsumen yang jaraknya jauh dari lokasi usaha. Bisa juga menggunakan email untuk menyebarkan profil usaha dan deskripsi produk. Email adalah salah satu alat komunikasi dalam teknologi informasi.

Kemudahan transaksi usaha

Website BOC mempunyai integrasi sistem yang menangani pemesanan, aktivasi produk dan manajemen pelanggan menjadi satu bagian utuh. Pelanggan bisa pesan produk yang diinginkan dan mengisikan identitas dirinya ke dalam sistem tersebut. Kemudian sistem website akan langsung menampilkan halaman tagihan (invoice) dan mengirimkan juga ke email calon pelanggan. Jadi, tagihan nya berupa data digital, tanpa kertas (paperless). Tersebut dalam tagihan adalah nama produk, informasi rekening dan instruksi untuk konfirmasi pembayaran.

Pelanggan selanjutnya melakukan pembayaran melalui perangkat transaksi berbasis teknologi informasi. Misalnya transfer uang menggunakan m-banking atau internet banking ke rekening bank BOC. Setelah selesai, pelanggan melakukan konfirmasi pembayaran melalui formulir konfirmasi yang sudah tersedia di website BOC. Melalui email, staf billing BOC menerima konfirmasi tersebut dan mencocokkan mutasi transfer melalui fasilitas internet banking. Setelah cocok, staf billing akan melakukan aktivasi produk melalui sistem dan mengirimkan informasi aktivasi kepada pelanggan melalui email. Selanjutnya produk tersebut sudah aktif dan bisa digunakan oleh pelanggan.

Metode serupa juga bisa dilakukan oleh para pebisnis lain untuk melancarkan transaksi usahanya. Sistem tersebut diatas bisa diaplikasikan untuk pebisnis yang mempunyai beragam komoditas misalnya furniture, pakaian, elektronik, makanan dan minuman, jasa tour dan travel, hotel, dan lain sebagainya.

Pemilik usaha dapat menampilkan produknya melalui website, pelanggan memilih produk dan membayarkannya, selanjutnya produk bisa dikirim melalui jasa ekspedisi yang ada ke berbagai daerah di Indonesia. Alur transaksi ini akan menciptakan pasar global dimana pebisnis akan mempunyai pelanggan yang tersebar luas di seluruh Indonesia, bahkan dunia internasional.

Kemudahan komunikasi layanan

Salah satu unsur penting dalam usaha adalah komunikasi. Menjalankan bisnis secara konvensional, alat komunikasi yang biasa digunakan adalah telpon dan fax. Tujuan berkomunikasi adalah untuk marketing dan layanan purna jual (after sales) kepada pelanggan.

Jika kita bicara gaya berbasis teknologi informasi internet maka banyak ragam aplikasi yang mempermudah untuk komunikasi antar penggunanya. Lihat saja program aplikasi komunikasi seperti Skype, Yahoo Messenger (YM), GTalk, dan lainnya.

Di BOC memang masih ada komunikasi menggunakan telpon dan fax namun mayoritas komunikasi marketing dan layanan purna jual adalah melalui berbicara/chatting menggunakan aplikasi Yahoo Messenger. Komunikasi melalui YM ini cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Terbukti perusahaan-perusahaan besar masih menggunakan fasilitas YM untuk komunikasi dengan konsumen, misal PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia), perusahaan perhotelan, ISP, elektronik, tour and travel, dan perusahaan lain yang berbasiskan website.

Jadi, dengan layanan komunikasi berbasis teknologi informasi internet, masyarakat tidak harus mengeluarkan biaya pulsa lagi untuk komunikasi bisnis. Mereka bisa menghemat pulsa telpon nya.

Komunikasi layanan juga bisa menggunakan email agar mendapatkan catatan yang runut dan terperinci dari setiap komunikasi sebagai arsip. Keunggulan metode email dan chatting adalah mampu menciptakan rekaman komunikasi. Data-data komunikasi bisa tersimpan sebagai arsip secara digital sehingga memudahkan proses pelacakan transaksi/komunikasi di kemudian hari. Berbeda dengan telpon yang harus menyediakan alat rekam dan tentunya mahal dalam investasinya.

Kemudahan administrasi

Tertib administrasi ikut menentukan dalam manajemen pengelolaan sebuah unit usaha. Administrasi disini adalah kemampuan menata keuangan, data pelanggan, data produksi, data bahan baku, data komunikasi, data staf/pegawai dan lain sebagainya dalam sebuah database yang dinamis. Menjadi dinamis karena antar data satu dengan data lainnya saling terkoneksi dan menghasilkan data-data akhir untuk proses operasional usaha.

BOC mempunyai sistem administrasi tersebut diatas yang berjalan secara online dalam website. Sistem ini akan menangani data pemesanan dari pelanggan, informasi tagihan, kwitansi, informasi produk yang digunakan pelanggan, sistem stok produk, administrasi bahan baku dan data komunikasi dengan pelanggan. Semuanya tersaji dalam data digital (paperless).

Bila menggunakan cara konvensional, maka akan terjadi penggunaan kertas yang banyak, penggunaan lemari sebagai tempat arsip yang tentunya makan banyak tempat dalam sebuah kantor. Hadirnya teknologi informasi berbasiskan aplikasi website, maka cukup memanfaatkan sebuah komputer server, laptop dan koneksi internet saja untuk manajerial operasional usaha. Hal ini bisa diaplikasikan oleh pebisnis lain.

Kemudahan operasional usaha

Internet mempermudah kita online dimana saja. Jika operasional usaha mayoritas menggunakan teknologi informasi berbasis internet maka tidak menutup kemungkinan bisa bekerja dimana-mana sesuai kemauan kita.

Kegiatan komunikasi marketing dan layanan purna jual sudah menggunakan aplikasi email dan chatting, koordinasi dengan staf produksi dan rekanan usaha pun bisa menggunakan aplikasi tersebut. Inilah yang dinamakan kerja remote, yaitu bekerja jarak jauh dan bisa dilakukan di lokasi yang berbeda-beda tanpa mengurangi produktivitas. Namun koordinasi tatap muka dengan semua pihak yang berkaitan dengan produksi harus tetap dilakukan, sebagai ujud langkah pengawasan kinerja perusahaan.

Kesimpulan dari hadirnya teknologi informasi ini adalah sebagai alat yang mempermudah usaha sekaligus alat untuk meningkatkan produktivitas usaha. Namun hal yang wajib diperhatikan dalam berwirausaha adalah hadirnya sistem atau dikenal dengan Standard Operational Procedure (SOP), agar kegiatan operasional usaha berjalan dengan baik dan sesuai dengan standarisasi mutu yang berlaku.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Friday, August 10th, 2012 at 12:18 am and is filed under Informasi IT. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc