Seminar Nasional 2009, E-Commerce Sebagai Pilihan Wirausaha Modern
Perkembangan teknologi membawa dampak dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Perekonomian pun tidak luput dari sentuhan teknologi. Teknologi menawarkan berbagai kemudahan dalam perekonomian yang tentunya sangat menunjang sistem perekonomian yang ada. Salah satunya adalah peranan teknologi dalam perdagangan yang saat ini dikenal dengan E-Commerce.
E-Commerce atau perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari elektronik bisnis (e-bisnis) yang berkaitan dengan transaksi komersial seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (Supply chain management), e-pemasaran, atau pemasaran online, pemrosesan transaksi online, pertukaran data elektronik, dan lain-lain.
Wirausaha adalah usaha dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkan produk tersebut, serta mengatur permodalan operasinya. E-Commerce memberikan kemudahan-kemudahan dalam berwirausaha dan tentunya dapat memperluas jaringan perdagangan yang tidak hanya regional namun mencakup wirausaha internasional. E-Commerce dapat sebagai salah satu pilihan alternatif dalam pengembangan jiwa kewirausahaan sedini mungkin melalui perkembangan teknologi yang ada.
Bertolak dari hal tersebut diatas, kami Badan Eksekutif Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Udayana berencana melakukan kegiatan yang bertema “E-Commerce Sebagai Pilihan Wirausaha Modern”, yang dikemas dalam bentuk seminar.
Tujuan kegiatan :
- Memperkenalkan E-Commerce sebagai pilihan bisnis internet wirausaha modern kepada generasi muda pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
- Meningkatkan jiwa kewirausahaan generasi muda sehingga nantinya mampu menciptakan lapangan pekerjaan.
- Menciptakan kader-kader bangsa yang mampu menjadi wirausahawan dalam upaya meningkatkan perekonomian Indonesia.
Pembicara dan narasumber :
- Hendra W Saputro (Pembicara Internet Marketing, Managing Director Bali Orange Communications).
- I Made Sathyabudi Adnyana, S. Kom (Praktisi E-Commerce http://toko.baliwae.com)
Waktu dan tempat :
Sabtu, 25 April 2009, pukul 17.00 WITA – Selesai
bertempat di: Hotel Nikki, Jl. Gatot Subroto, Denpasar – Bali.
Kontak panitia seminar :
– Novi : 081999382036
– Tia : 08179737428
Bisa dibaca terlebih dahulu tentang Pengertian E-commerce.
10 Comments
maaf untuk multimedianya udah ada belum,kami siap membantu untuk multimedianya,trim
sayang udah penuh, padahal pingin ikut 🙁
GRATIS GA??
🙂
kegiatan yang bagus tuh… palagi mas hendro yang jadi pembicara…
Manstab.
Mudah2an bisa memacu wirausahawan2 untuk berani membuka toko di ranah ini.
Maaf, ada salah penulisan. Maklum tulisan itu dibuat pukul 5 pagi WITA. Yang benar 25 April 2009. Kemungkinan besar akan kami review hasilnya di blog ini. Terima kasih.
ha ? ternyata udah selesai yah maret keamrin hahaha maafkan 😀 ketauan kalau sy ngak baca cuma scanning aja…judulnya kurang greget gitu loh…ngak ada kesan seks, porn, atau tutorial bombastis heheh 😀
semoga aja semnarnya berakhir sukses. btw, apa bakal direciew di blog ini ?
Terima kasih bro. Tapi jangan repotin dirimu sendiri ya. Menurut panitia, pesertanya dah lebih dr 300 orang. Cukup bisa bikin ‘Mrinding Disco” tuh.
tak bantu sebarkan infonya 🙂