Web 2.0, AJAX, XML, RSS, CSS

Web 2.0, AJAX, XML, RSS, CSS

Web 2.0 adalah website yang mendapatkan value dari aksi aktifitas kegiatan usernya sendiri. Terjadi interaksi antara user dengan websitenya. Contoh aksi user bisa kita jumpai di website Wikipedia, ensiklopedia yang ditulis dan diedit oleh users; Youtube, video sharing berdasarkan kiriman user; Flickr, situs dimana user bisa mengirim dan membagi gambar.

Beberapa ciri-ciri website 2.0 adalah :

  • Menggunakan internet sebagai platform, aplikasi-aplikasi tersebut dijalankan langsung diatas browser dan bukan diatas satu sistem operasi terntentu.
  • Aplikasi web 2.0 memiliki sifat yang unik, yaitu memanfaatkan kepandaian banyak orang secara kolektif. Sebagai hasilnya, muncullah basis pengetahuan yang sangat besar karena hasil dari gabungan pengetahuan banyak orang.
  • Kekuatan aplikasi web 2.o terletak pada data.
  • Aplikasi web 2.0 selalu diupdate terus menerus karena sifatnya yang bukan lagi produk, tapi layanan.
  • Aplikasi web 2.o menggunakan teknik-teknik pemrograman yang ringan, spt AJAX (Asynchronous Javascript and XML) dan RSS.
  • Aplikasi web 2.0 bisa berjalan secara terintegrasi melalui berbagai device.
  • Aplikasi web 2.0 memiliki user interface yang kaya meskipun berjalan di dalam browser, ini berkat AJAX.

Website tipe 2.0 ini rata-rata menggunakan teknologi AJAX, XML, RSS, CSS dan server side scripting (PHP, ASP, JSP).

XML adalah EXtensible Markup Language. Extensible = dapat dikembangkan sendiri oleh user. Markup Language = terdiri dari elemen-elemen tag seperti HTML. Kegunaan XML adalah sebagai media pembawa data/informasi, tidak melibatkan akses database untuk bertukar informasi. Saat ini penggunaan XML lebih banyak untuk mendukung RSS, berbagi konten antar website.

CSS (Cascading Style Sheet) adalah suatu kode untuk mendeskripsikan bagaimana menampilkan suatu elemen HTML. Desain dan konten bisa dipisahkankan melalui CSS ini. Website saat ini cenderung berubah-ubah, dan dengan CSS, kita mudah untuk berganti-ganti desain tanpa harus mencampuri kontennya. Keunggulan CSS : File lebih kecil, load file lebih cepat, menghemat pekerjaan dimana kita hanya butuh 1 file untuk kontrol semua tampilan desain, maintenance mudah.

RSS (Really Simple Syndication) adalah metode dalam berbagi konten website dari satu website ke banyak website lain. Kegunaan RSS adalah mudah memperbaharui isi website, mudah berbagi judul dan isi berita, RSS ditulis dalam bahasa XML, pengunjung tidak harus selalu membuka halaman web favorit mereka hanya untuk melihat berita terbaru. RSS biasanya digunakan oleh website berita, blog, dan perusahaan yang berbagi informasi produk-produk baru.

AJAX (Asynchronous Javascript and XML) adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan suatu web yang lebih interaktif dan responsif. Responsivitas dan interaktifitas halaman web diperoleh dengan melakukan pertukaran data server secara “balik layar”, sehingga halaman web tidak perlu reload setiap kali user melakukan aksi. AJAX merupakan kombinasi antara HTML, CSS, XML, Javascript, dan Server side scripting. Manfaat AJAX adalah menghemat penggunaan bandwidth, load halaman lebih cepat, aplikasinya hampir sama seperti aplikasi dekstop. Keunggulan AJAX adalah tanpa reload halaman, karena pertukaran data berada di belakang layar, kemudian kecepatan transfer data antara client ke server lebih ringan karena hanya data saja yang diperlukan. Rata-rata AJAX diaplikasikan dalam website untuk validasi data secara real time, auto complete, kontrol user interface and effect, dan reload data.

Untuk lebih mengoptimalkan pengetahuan dan sharing informasi, serta memperluas jaringan, Bali Orange Communications menghadiri pelatihan Web 2.0, AJAX, XML, RSS dan CSS di kampus SCE (Sam Creative Education) Surabaya. Berikut foto-fotonya :

samdesign1.jpg

samdesign2.jpg

samdesign3.jpg

samdesign4.jpg

Business Wisdom dari Bapak Tanadi Santoso

samdesign5.jpg

dongkrak
BOC Banner
Boc Digital

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux