10 Kekuatan dalam Social Media Marketing

10 Kekuatan dalam Social Media Marketing

Jaman sekarang lagi booming café-café sebagai tempat nongkrong. Entah nongkrong ini sebagai life style baru atau memang jadi sebuah kebutuhan. Namun meski tongkrongan mereka di café, tetap saja mereka lanjutkan tongkrongan itu di media sosial online. Upload foto, beri testimonial ataupun sekedar check-in. Keseruan berlanjut di dunia online.

Mengingat jumlah pengguna social media sedemikian besar, semisal di Indonesia, pengguna facebook mencapai 70 juta jiwa, pengguna instagram 20 juta jiwa. Belum lagi Twitter, Google+, Youtube dan lain sebagainya. Social Media adalah bagaikan pasar menarik!

Disini kami akan bahas kekuatan social media, bukan kesalahan atau kelemahan sang pengguna dalam tingkatkan bisnis nya. Berikut adalah strategi agar kita kuat gunakan social media untuk mendongkrak bisnis.

1. Konsistensi
Berkaitan dengan perilaku kita. Jika pertama kali aktif maka seterusnya harus aktif. Kegiatan di media sosial banyak, diantaranya: posting status dan berinteraksi dengan costumer dengan menjawab pertanyaan atau komentar dari costumer dan masyarakat.

2. Target
Buatlah target untuk bisnis Anda. Target adalah sasaran. Bisa meliputi target pasar, target penjualan, target fans atau follower. Dari penetapan sasaran ini akan terpola jenis konten, waktu publikasi.

3. Perencanaan dan Tujuan
Biar tidak kehabisan ide, buatlah perencanaan konten untuk kegiatan media sosial Anda. Konten untuk hari pertama, kedua, dan seterusnya. Tetapkan tujuan tertentu, semisal untuk publikasi diskon, hadiah ataupun sukseskan ulang tahun perusahaan.

4. Akun Khusus
Pergunakan akun khusus untuk bisnis Anda. Jangan campur adukkan akun pribadi untuk branding perusahaan. Akun pribadi sesekali meneruskan (share) status akun perusahaan.

5. Jangan Hard Selling
Agar follower kita betah terus menerus di social media kita adalah keragaman isi status. Terus menerus jualan akan membuat mereka bosan. Berikan status lain yang non selling agar mereka betah.

6. Ragam Tampilan dan Manajemen Konten
Tampilan status harus variatif. Berikan tampilan teks, gambar atau video pada status Anda. Teks akan sangat monoton. Berikan kombinasi teks dan gambar atau dengan video agar konversi nya lebih tinggi. Kemudian berikan jenis konten yang berkaitan dengan motivasi, edukasi dan jualan dalam satu hari. Jangan melulu jualan.

7. Komunikasi 2 Arah dan Follow Up
Imbas dari bermedia sosial adalah mendapatkan respon komentar dari masyarakat. Bisa jadi itu pertanyaan, testimonial ataupun complain. Balaslah setiap komentar itu sebagai bentuk komunikasi dan perhatian Anda kepada masyarakat.

8. Bentuk Tim
Poin-poin sebelumnya akan lebih fokus apabila kita punya tim khusus yang menangani kegiatan media sosial. Jika dilakukan sendiri akan kewalahan dan akibatnya akan terlantar.

9. Iklan
Jika ada dana marketing, sebarkan akun media sosial Anda ke target pasar Anda. Semisal target nya untuk Indonesia, maka gunakan Facebook Ads untuk iklankan fanpage Anda.

10. Evaluasi
Kegiatan ini bertujuan untuk koreksi dan hasilkan solusi. Evaluasi bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan di media sosial. Libatkan banyak orang untuk kegiatan ini. Semakin banyak kepala, semakin bagus.

Oleh Hendra W Saputro
CEO BOC Indonesia
IG: hendraws
IG BOC: bocjoss

dongkrak
BOC Banner

Leave A Response

Promo Hosting

Promo 3 Tahunan Web Hosting

Mendapatkan 3 tahun kontrak web hosting hanya dengan bayar harga setahun, gratis domain name hingga beri cashback ke pelanggan. Stock sangat terbatas dan bilamana tercukupi maka promo akan kami akhiri. Segera klaim paket web hosting 3 tahunan nya di halaman Promo Hosting 3Tahunan.

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux