Apa itu Pengertian Backlinks?

Apa itu Pengertian Backlinks?

Pada kegiatan optimasi mesin pencari/SEO (Search Engine Optimization), pengertian backlink adalah hyperlink yang menghubungkan dari halaman Web, kembali ke halaman Web Anda sendiri atau website itu sendiri. Backlink juga disebut sebagai Inbound Link (IBL). Link ini penting dalam menentukan popularitas (atau kepentingan) dari website Anda.

backlinks

Beberapa mesin pencari, termasuk Google akan mempertimbangkan website dengan backlink yang relevan dalam halaman hasil pencarian. Semakin banyak jumlah backlink yang mengarah ke website Anda maka semakin tinggi kesempatan untuk menempati halaman satu atau peringkat satu di Google Search.

Backlink biasanya berupa kata kunci (keywords) yang berisi hyperlink mengarah ke halaman website tertentu atau langsung ke alamat website. Backlink bisa tertanam di sebuah artikel atau berupa hyperlink statis pada website lain. Pengertian backlink bisa dibaca di wikipedia. Baca pula fenomena hasil pencarian di Google yang akan membuka wawasan Anda.

Contoh Backlink

Dibawah ini ada satu paragraf artikel yang berisi kata kunci “jasa SEO dan Google Ads” yang berisi hyperlink ke beberapa halaman dalam https://www.boc.co.id. Tujuan dari backlink ini adalah berusaha meningkatkan kata kunci itu agar website boc.co.id menempati rangking bagus di hasil pencarian mesin pencari Google.co.id. Berikut contoh paragraf artikel yang mengandung backlinks:

“Setelah buat website, maka dia (website itu) ibaratnya berdiri ditengah hutan. Orang lain belum tahu keberadaan website Anda. Maka website itu butuh diperkenalkan melalui website lain. Website lain harus mereferensikan (backlink) ke website Anda. Biasanya pemilik website tidak ada waktu atau bingung cara mereferensikan website nya. Maka dia bisa jadi butuh jasa SEO (Search Engine Optimization) agar website nya banyak dapatkan backlinks. Bisa jadi juga pemilik website ingin cepat website nya diketahui orang melalui search engine. Maka disarankan untuk ngiklan saja melalui Google Ads. Bayar ke Google dan cepat tampil di top 10 Google Search.”

Dari paragraf artikel diatas, beberapa halaman website boc.co.id mendapatkan backlink dari artikel ini (berada dalam website www.boc.web.id). Ingatlah bahwa backlink yang bagus adalah dari website yang relevan/topik nya sama. Artikel ini yang menjelaskan tentang backlink juga relevan dengan topik dari website tujuan backlink. Sama-sama membahas kegiatan internet marketing.

Kalau misalnya contoh backlink di artikel ini mengarah ke website kuliner, maka sudah beda topik. Maka menurut Google itu kurang relevan. Masih ada nilainya namun kurang maksimal.

Hasil dari contoh backlinks diatas, goal nya adalah berusaha top 10 untuk memenangkan kata kunci jasa seo Bali dan jasa Google Ads Bali. Coba aja cek di Google dengan keywords yang dimaksud. Halaman target itu masuk top 10 Google.

Begitulah contoh penanaman dan pengertian backlink. Lakukan kegiatan menanam backlink ini di website-website lain. Semakin banyak backlink maka semakin bagus. Backlink adalah sesuatu yang berharga tinggi dan bermanfaat besar bagi website Anda.

Cara Mendapatkan Backlinks

Anda bisa mendapatkan backlinks dari website lain ataupun media sosial (FB fanspage, twitter, pinterest, youtube, dll). Misal dari website forum, jurnalisme warga seperti kompasiana, balebengong, dll. Ataupun Anda menciptakan blog sendiri seperti di www.hendra.ws. Semakin tua blog Anda semakin bagus di mata Google. Tentunya Anda lah yang menjadi kontributor nya dan secara terus menerus update. Namun untuk jaman sekarang, sangat sulit untuk menanam backlink di website tersebut.

Cara Dapatkan Backlinks

Ada cara yang memungkinkan menanam backlinks yaitu berkolaborasi dengan para blogger melalui forum marketplace backlinks. Anda bisa memilih blogger yang sesuai dengan topik website Anda. Itu cara yang memungkinkan untuk saat ini yang sulit usahakan backlink sendiri. Jaman nya kolaborasi.

BOC Banner
Boc Digital
dongkrak

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux