PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Aturan nama domain untuk sebuah website

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Nama domain salahRupanya, banyak kelucuan yang terjadi dalam masyarakat dalam penggunaan nama domain untuk kehadiran sebuah website di dunia internet. Banyak kemungkinan yang terjadi mengapa hal itu ada, tetapi mayoritas dikarenakan belum tahu atau belum faham akan kaidah/aturan/syarat penggunaan nama domain (domain name).

Sebelum menentukan nama domain untuk website, sebaiknya difahami terlebih dahulu tentang kaidah/aturan/syarat penggunaan nama domain (domain name) sesuai petunjuk dari ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) dan IANA (Internet Assigned Numbers Authority). Adalah sebagai berikut :

  • Nama domain (domain name) mempunyai ekstensi/akhiran, contoh seperti .com .net .org .info .biz dll. Untuk database ekstensi nama domain bisa dilihat disini.
  • Nama domain (domain name) hanya terdiri dari karakter huruf, angka dan tanda penghubung “-“. Simbol tidak berlaku, seperti %&^$@#*!.,”?/;<>+=[]{} atau tanda penghubung “_”.
  • Nama domain (domain name) tidak boleh diawali atau diakhiri dengan tanda penghubung “-“.
  • Nama domain (domain name) tidak boleh menggunakan jeda dalam kata, misal www.nama anda.com.
  • Nama domain (domain name) tidak boleh lebih dari 63 karakter. Meski di beberapa ekstensi selain com/net/org menerapkan pembatasan karakter. Misal .fm tidak boleh lebih dari 23 karakter.
  • Arti dari .com .info .biz biasanya direkomendasikan untuk kepentingan website komersial ataupun pribadi. Dot net biasanya direkomendasikan untuk website yang terlibat dengan infrastuktur internet, sedangkan dot org biasanya direkomendasikan untuk website organisasi atau non profit organization. Dalam pelaksanaannya, ekstensi tersebut bisa berubah sesuai keinginan penggunanya.
  • Nama domain akan selalu menjadi milik Anda dengan syarat harus membayarkan biaya kepemilikan secara periodik (tahunan) kepada pengelolanya. Bila biaya kepemilikan tidak dibayarkan, maka nama domain itu akan menjadi milik umum dan bebas dimiliki oleh siapa saja.
  • Tidak perlu bingung harus daftar diluar negeri. Di Indonesia pun bisa mendaftarkan domain name Anda. Carilah ketersediaannya dan daftar disini.
  • Pastikan Anda sendiri yang memegang kepemilikan nama domain itu. Direkomendasikan untuk tidak menyerahkan pengelolaannya kepada pihak lain. Nama domain akan selalu ditangan Anda bila mempunyai akses ke Domain Manager sendiri. Nama domain menjadi sangat penting, jangan sampai terjadi kasus kehilangan nama domain.

Tulisan ini tidak untuk menyudutkan pemilik nama yang tertera dalam gambar, tetapi lebih kepada pembelajaran bersama tentang nama domain (domain name).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Tuesday, October 7th, 2008 at 6:59 pm and is filed under Kasus Website, Tutorial. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
BOC Banner
dongkrak

5 responses to “Aturan nama domain untuk sebuah website”

  1. papa deddy says:

    wah thanks buat infonya
    salam

  2. […] mobil itu pernah mengakses website tim mereka sendiri ? Apakah pemilik mobil itu tahu tujuan penggunaan domain name dot tk itu ? Kemudian, terakhir adalah, apakah mereka tahu status domain name atau websitenya […]

  3. Hi. thanks ya buat infonya …

  4. hi, thanks buat infonya yee..

  5. Indovision says:

    Thanks atas infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Workshop Digital Marketing - DONGKRAK

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc