Bagaimanakah Respon Masyarakat terhadap Pendemi Covid-19?

Bagaimanakah Respon Masyarakat terhadap Pendemi Covid-19?

Koran Jawa Pos hari ini (Senin, 13 April 2020) tuliskan hasil survei dari Alvara Research Center. Survei dilakukan online dengan libatkan 504 responden yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Survei Jawa Pos

Kekawatiran biasanya sama dengan masalah. Bagi wirausahawan, bukan lagi fokus pada produk nya, tapi fokus pada penyelesaian masalah. Produknya harus mampu jawab, “what is the problem you are trying to solve?

Setelah bisa jawab pertanyaan diatas, coba lihatlah salah satu perilaku (behaviour) responden ketika mau selesaikan masalah. Terlihat perilaku ketika keluar rumah dan perilaku belanja nya juga.

Mereka keluar rumah mayoritas untuk belanja. Produk apa yang terbeli sehingga mereka rela-relanya keluar rumah? Intensitas belanja online nya juga meningkat. Kira-kira apa ya produk nya? Kedua variable ini sepertinya butuh riset lagi agar tahu jenis-jenis produknya.

Namun sepertinya, terkadang perilaku itu lahir atau terpicu dari kekawatiran. Tul ngga kira-kira? Kita tengok lagi bagian yang paling dikawatirkan. Semoga temukan jawabannya.

Saya pribadi ingin fokus ke solusi ketika hadapi pendemi ini. Melihat bagian intensitas belanja yang mayoritas online, maka itu potensi. Pasar berkumpul di online. Kita pun sebagai pedagang harus punya behaviour :

✅ Jaringan pertemanan adalah ‘potensi market’. Begitupula group-group yang ada di media sosial juga potensi. Maka harus sering-sering update status. Ingat jangan asal nge-tag ya wkwkwk.
✅ Buatlah konten marketing, rencanakan update status harian. Jangan mayoritas jualan.
✅ FB Fanspage punya jangkauan (reach) yang rendah sekali. Mungkin nol koma nol nol satu persen dari jumlah fans kita. Maka sering-sering lah update status disitu dan sesekali share ke timeline personal. Biar dapat reach dan egagement tinggi.
✅ Hajarlah dengan status-status kita di semua kanal media sosial (Status di WA, FB, IG, Twitter, Google Bisnisku, Pinterest, semakin banyak semakin bagus).
✅ Biar ngirit, manfaatkan diskonan/promo domain name dan web hosting untuk bahan baku bikin website. Hal itu memaksa diri utk belajar buat website. Ini baca ada tutorial cara instal website. Klo nggak sempat bikin web, manfaatkan juga promo buat website bisa bayar bulanan (lebih irit) di https://ukm.bocdigital.id
✅ Update delete, update delete status agar status kita sering muncul.

Yuk hajaaarrrr dan segera closing sales di dunia online.

dongkrak
BOC Banner
Boc Digital

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux