Biaya Buat Website Mahal? Tidak Bro!

Biaya Buat Website Mahal? Tidak Bro!

Biaya pembuatan website terkesan mahal bagi masyarakat. Mungkin mahal dan murah itu relatif namun sejatinya pembuatan website itu murah. Asal tahu trik nya. Simak terus tulisan ini.

Terkadang mahal itu bila menggunakan jasa web design yang sudah berpengalaman. Bisa jadi mahal karena jasa tersebut berbentuk perusahaan, harus gaji karyawan nya, harus bayar operasional, pajak, dll. Ada kah cara lain supaya dapat website yang bagus dan layak digunakan sales marketing online?

Begini tips cara buat website murah dan berkualitas:

1. Beli domain name dan web hosting. Ya, website itu butuh namausaha-dot-com (domain name) dan tempat penyimpanan data teks, data gambar, database, email, dll (web hosting).

Bila di breakdown, harga dua hal tersebut yang paling murah adalah:
– Domain name (dot com) : Rp. 135.000
– Web hosting 500 Mb : Rp. 200.000

Maka total untuk beli domain name dan web hosting adalah Rp. 335.000 untuk jangka waktu 1 tahun. Ya, domain name dan web hosting itu status nya sewa pakai selama 1 tahun. Nantinya tahun depan harus membayar untuk perpanjangannya.

2. Datang ke SMK atau ke Sekolah Tinggi Komputer atau Fakultas Teknologi Informasi. Temui guru atau dosen nya dan ceritakan keinginan Anda. Jelasnya mau buat website untuk usaha dan memohon menugaskan siswa/mahasiswa nya untuk membuatkan website.

Ceritakan misi usaha Anda dan bilang budget uang saku yang bisa diberikan kepada siswa/mahasiswa tersebut. Bisa mulai dari Rp. 300.000 – Rp. 500.000. Para siswa dan mahasiswa punya program magang/Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang waktunya sesuai kebijakan sekolah/kampus. Maka manfaatkan program tersebut.

3. Minta membuatkan dokumen tutorial dan mengajarkan cara update data website kepada Anda. Tujuan nya agar Anda mampu ganti data teks dan gambar. Syukur-syukur Anda diajari cara digital marketing.

Kenapa Website Penting?

Menurut Google, hampir 74% pengguna internet cari informasi di Google Search. Baik itu informasi umum ataupun informasi bisnis. Google akan menghadirkan website-website dalam hasil pencarian itu.

Website sebagai media utama yang terstruktur dalam menampung produk dan informasi bisnis. Struktur informasi itu berwujud halaman-halaman yang dihadirkan disana. Ada halaman depan, halaman produk, halaman profil, cara pembayaran, testimonial, kontak, dll dimana hal ini tidak bisa dilakukan di media sosial.

Terkadang pelaku usaha atau pemilik bisnis terpaku pada hal teknis pembuatan website. Malah dapatkan rasa stres karena tidak beres-beres website nya. Lebih baik terpaku pada hal taktis dimana fokus pada kegiatan sales, marketing, dan pengolahan data saja.

Urusan teknis biarkanlah dikerjakan oleh siswa atau mahasiswa IT. Urusan website online 24 jam biarkanlah dikerjakan oleh perusahaan web hosting.

Harga Buat website

dongkrak
BOC Banner
Boc Digital

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux