PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Bing Yahoo Google, Siapa Paling Perkasa & Bikin Juara?

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Ketika lakukan Optimasi Search Engine (SEO) pada website, sebaiknya fokus ke mesin pencari/Search Engine (SE) apa? Google lah jawaban paling jamak. Tentu jawaban ini mengacu dari jumlah pengguna nya (market share) dari seluruh dunia. Namun kita perlu memahami kekuatan beberapa SE yang ada di dunia ini.

Semenjak saya berjibaku dengan dunia internet sejak tahun 2001, SE jadul populer bukanlah Google. Banyak! Gambar nya dibawah ini. Dulu saya paling sering gunakan Yahoo. Ternyata ada lebih dari 500.000 SE di muka bumi ini lho.

Search Engine Jadul

Saya ajak flashforward dengan cepat menuju tahun 2018 ya. Akhirnya terjadi seleksi inovasi dan menempatkan Google menjadi SE favorit nan perkasa bagi netizen dunia. Menurut Statista, penyedia database statistik internet, Google menguasai 86% lebih penggunaan SE di dunia ini. Menyisakan dibelakangnya ada Bing 6.55%, dibawahnya ada Yahoo 3.27% dan Baidu 1.08%.

Bing Google Yahoo

Siapa Bing?

Bing adalah mesin pencari (SE) internet yang dikembangkan, dimiliki dan dioperasikan oleh Microsoft. Bing diluncurkan pada 2009 sebagai versi baru dari mesin pencari Microsoft sebelumnya yaitu MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Kita lihat market share Bing berdasarkan negara dibawah ini. Ternyata Indonesia ada yang gunakan Bing!

Statistik Bing

Kemudian Yahoo dan Baidu? Yahoo sendiri menjadi pemain lama dalam dunia SE yaitu sejak tahun 1995. Namun, teknologi SE nya tambal sulam dimana pernah menggunakan teknologi milik Bing dan Google. Kemudian Baidu, SE yang didirikan sejak tahun 2000 di China. Teknologi SE nya juga punya pengguna. Market share nya bisa dilihat di gambar atas.

Fakta Bing, Yahoo dan Baidu vs Google

Akankah menjadi kekawatiran atas kehadiran Bing dan Baidu? Saya melakukan investigasi dalam lingkaran website yang dikelola oleh BOC. Para website ini dilengkapi statistik internal yang tersedia dalam Cpanel, bernama AwStats. Statistik saya ambil di 3 industri dan kategori yang berbeda. Yaitu industri makanan, jasa dan manufaktur. Kita lihat peranan SE Bing, Yahoo, Baidu, dan Google dibawah ini:

Statistik Bing Yahoo Google Baidu

Itulah Bing dan Baidu ada yang menggunakannya walaupun secuil. Dalam statistik tersebut tertangkap pula Yahoo dan DuckDuckGo SE.

Tips Website Muncul di SE

Saya mencoba mencari artikel melalui SE Bing dan Yahoo dimana artikel ini sudah muncul bagus di Google. Ternyata website dengan artikel yang dimaksud itu muncul di Bing dan Yahoo pada posisi atas. Ada kesamaan untuk optimasi website di ketiga SE ini yaitu seringlah update artikel. Seringlah berkabar melalui website kita dengan kaidah menulis SEO yang pernah saya jelaskan sebelumnya.

Kesimpulan sepertinya sama, SE senang dengan website yang sering diupdate! Sudahkah menulis di website Anda?

Selamat mencoba.
Salam DONGKRAK!

Hendra W Saputro
CEO BOC Indonesia
[ig] hendraws
[ig BOC] bocjoss

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet digital marketing.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Tuesday, September 18th, 2018 at 3:24 pm and is filed under Tips & Trik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Workshop Digital Marketing - DONGKRAK

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc