PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Potensi bisnis online melalui internet

internet_money.jpgBila kita ingat dengan modal dasar pembangunan nasional, disana disebutkan salah satunya adalah jumlah penduduk negara Indonesia yang besar dengan segala potensi dan produktifitasnya. Bagaimana dengan modal dasar memulai bisnis online ?. Salah satunya adalah jumlah pengguna internet aktif di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya. Karena mereka adalah pasar potensial bagi bisnis online.

Menurut Statistik Internet Dunia (internetworldstats.com) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet Indonesia pada akhir 2007 berjumlah 25 juta orang. Bandingkan dengan tahun 2000 yang hanya 2 juta pengguna saja. Sedangkan, proyeksi penduduk Indonesia saat ini berkisar lebih dari 230 juta orang. Suatu pertumbuhan yang fantastis.

internetuser.gif apjii.gif

Lambat laun, persaingan usaha internet dan infrastruktur website akan semakin kompetitif memberikan harga murah. Para generasi muda yang duduk di bangku SD, SMP serta SMU sudah diperkenalkan dengan teknologi internet. Bayangkan jika mereka nanti sudah mahir dan menjadi pengguna internet kelas berat.

Lantas, apakah Anda akan diam saja melihat pertumbuhan pengguna internet tersebut ?.

Rata-rata oleh pengguna, internet digunakan untuk browsing, chatting, email, searching dan menciptakan jaringan pertemanan (social networking). Padahal, internet berpotensi untuk bisnis, marketing, branding dan sharing informasi (blogging).

Potensi bisnis online (bisnis, marketing, branding dan sharing) mayoritas menerapkan kaidah-kaidah perdagangan online (e-commerce). Model perdagangan online sebetulnya sama saja dengan perdagangan umum (konvensional) yang terjadi di masyarakat. Hanya saja, media yang digunakan untuk jual beli semuanya menggunakan internet dan website.

Seperti halnya perdagangan umum, bisnis online membutuhkan adanya produk untuk dijual kepada masyarakat pengguna internet. Komponen penunjang lain adalah media display produk, teknik marketing online, branding, media pembayaran dan mayoritas menggunakan jasa ekspedisi.

Tulisan ini berusaha untuk membuka mata kita bersama agar faham, bahwa internet mempunyai potensi besar untuk dimanfaatkan dalam berwirausaha. Tahap pertama yang harus dipikirkan oleh Anda adalah : Produk apa yang harus saya jual melalui internet ?.

Tahap selanjutnya perlu menyiapkan website (gratisan atau berbayar) sebagai media promosi produk. Anda bisa memanfaatkan media website gratis menggunakan WordPress atau Blogspot. Jika Anda mampu membuat website dan menginginkan nama pribadi, maka perlu mendaftarkan nama domain pribadi dan menyewa hosting indonesia agar menjadi website yang bisa diakses seperti contoh www.namaperusahaan.com.

Setelah website tercipta, Anda perlu menyebarkan keberadaan website itu agar diketahui oleh pengguna internet. Disinilah teknik internet marketing terbuka untuk mendongkrak penjualan produk Anda. Beberapa diantaranya adalah mendaftarkan website tersebut ke mesin pencari (google.com, yahoo.com, dll), mengikuti milis, forum, situs jejaring sosial, meninggalkan komentar pada website lain, yang semuanya bertujuan untuk memperkenalkan produk Anda.

Tinggal selanjutnya mempersiapkan metode pembayaran yang aman dan dipastikan masuk kantong. Anda bisa menggunakan jasa transfer antar bank (wire transfer), memanfaatkan jasa western union atau Paypal.

Jadi, tunggu apa lagi ?. Selamat berwirausaha melalui teknologi internet.

This entry was posted onTuesday, April 14th, 2009 at1:25 am and is filedunder E-Commerce. Youcan follow any responses to this entrythrough the RSS 2.0feed.
Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Proposal Domain name dan web hosting

Workshop Digital Marketing - DONGKRAK

@idboc