PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Domain name pribadi untuk blogspot Anda

Tutorial dibawah ini sudah tidak berlaku per tahun 2012. Lihat tutorial versi terbaru disini :

Klik ini >> Cara setting Domain Name Blogspot

blogspot_logo.gifTutorial ini untuk Anda yang telah nyaman dengan mesin blog bersama Blogspot. Jika Anda bersama blogspot, maka nama blog tersebut menjadi http://anda.blogspot.com dan Anda punya kesempatan merubah nama tersebut menjadi http://www.anda.com.

Aktivitas manajerial data (teks dan gambar) masih tetap mempergunakan blogspot Anda. Hanya nama blog saja yang berubah menjadi domain name pribadi. Gimana ? Keren kan ?.

Ganti nama domain tersebut telah dilakukan oleh pelanggan kami yang sebelumnya mempergunakan nama http://wiwaha.blogspot.com dan sekarang sudah ganti domain name pribadi di http://www.wiwahasouvenir.com. Aktivitas upload data masih tetap mempergunakan blogspot. Itulah kelebihan Blogspot.

Nah, syarat yang harus dipenuhi adalah Anda harus mempunyai domain name pribadi, mempunyai blog di blogspot yang masih aktif, dan merubah CNAME record domain name pribadi tersebut agar mengarah ke server blogspot (ghs.google.com.). Anda bisa beli domain name melalui kami. Setelah memiliki domain name, langkah berikutnya adalah :

Sisi Blogspot :
– Login ke admin blogspot Anda.
– Klik Pengaturan (Settings) > Publikasikan (Publishing)

customblogspot1.gif

– Klik link Domain Kustom (Custom Domain)
– Akan ada pertanyaan : Anda sudah memiliki domain ? Klik pada Beralihlah ke pengaturan lanjut.

customblogspot1b.gif

– Masukkan nama domain Anda lengkap dengan www.namaanda.com, centang perintah Mengarahkan …

customblogspot2.gif

– Masukkan kode verifikasi dibawahnya. Dan blogspot Anda siap dengan nama pribadi. Tapi syarat kedua harus dipenuhi, yaitu di sisi domain name nya.

customblogspot3.gif

Sisi Domain Name Anda :
Anda bisa membeli domain name saja atau domain name plus DNS management. Domain name dengan DNS management akan mempermudah memasukkan CNAME record agar mengarah ke blogspot Anda. Jika tidak ada DNS management, Anda bisa mempergunakan penyedia DNS management gratis misal melalui dnspark.net atau everydns.com, dll.
Melalui DNS management, secara umum masukkan CNAME record mengarah ke ghs.google.com
Untuk implementasi teknis merubah CNAME record untuk berbagai perusahaan hosting/domain name bisa dilihat ke Bantuan Blogspot.

Jika Anda membeli domain name di kami, maka Anda tidak perlu pusing. Kami yang akan siap siaga memasangkannya. (Harus disertai pembelian hosting).
Selanjutnya tunggu 1 – 24 jam (tergantung ISP Anda) agar blogspot tersebut bisa menjadi http://www.namaanda.com

Kelebihan dan kekurangan menggunakan fasilitas domain name pribadi dengan blogspot :
1. Blogspot tidak mengijinkan penggunaan domain name telanjang (naked domain name)-tanpa www, jadi nama website Anda nantinya harus diakses lengkap dengan nama http://www.namaanda.com. Jika Anda menggunakan http://namaanda.com dipastikan website Anda tidak terbuka.
Contoh website yang menggunakan blogspot tapi error jika menggunakan nama telanjang (hilangkan www nya) : http://www.koranpakoles.co.cc, http://www.musikji.net, http://www.ebsfm.web.id, http://www.antoxite.co.cc
Coba sekarang ketikkan nama website pelanggan kami yang mempergunakan blogspot di http://wiwahasouvenir.com Bisa ?
Bisa karena pelanggan tersebut selain membeli domain name, juga mempunyai web hosting dengan kuota kecil yang berguna untuk mengarahkan domain name telanjang ke http://www.wiwahasouvenir.com. Solusi lain, Anda juga bisa mengakalinya dengan menggunakan DNS forwarding.

2. Dengan menggunakan DNS management, Anda bisa menciptakan email sendiri menggunakan format anda@namaanda.com. Tinggal mengarahkan MX record domain name Anda ke server GMAIL. Saya pernah mengulas email gratis dari Gmail untuk domain name pribadi. Tentunya, jika Anda memesan web hosting dengan kuota kecil untuk domain name pribadi tersebut, Anda bisa menciptakan email pribadi dan mengaksesnya dengan teknologi webmail dan POP3/SMTP.

Nah, lebih banyak fasilitas jika mempunyai domain name pribadi disertai web hosting sendiri. Banyak penyedia hosting indonesia yang mampu melayani kebutuhan tersebut diatas.
Selamat mencoba.

Sumber : http://www.google.com/support/blogger/bin/answer.py?answer=55373&cbid=-p40ygwg6lyr7&src=cb&lev=%20topic

This entry was posted on Saturday, March 14th, 2009 at 4:50 am and is filed under Blogspot. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Proposal Domain name dan web hosting

Workshop Digital Marketing - DONGKRAK

@idboc