PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Cara Daftar Website di Google Search (Submit URL)

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Google menghilangkan fitur formulir Submit URL pada 25 Juli 2018. Digantikan dengan fitur Google Search Console untuk mendaftarkan website atau artikel baru agar ter-index dan muncul di Google Search.

Dulu, mendaftarkan website cuma dengan memasukkan URL/alamat website dan klik Submit. Sekarang, tahapan nya lumayan banyak dan menantang. Berikut cara mendaftarkan website Anda di Google Search:

1. Buka website Google dan ketik kan Google search console. URL nya disini: https://search.google.com/search-console atau https://www.google.com/webmasters atau https://www.google.com/webmasters/tools/home (Ah Google nih selalu berubah-ubah, tapi inilah teknologi hehehe). Setelah diklik, tampilannya seperti ini dan klik Start Now.

Google Search Console

2. Masuklah gunakan akun Gmail/Google Anda. Kemudian masukkan nama website Anda. Lengkap menggunakan http atau https nya. Klik tombol Add Property.

Google Search Console Add URL website

3. Verify ownership (verifikasi kepemilikan website). Anda bisa verifikasi dengan download file dari Google dan upload gunakan Cpanel atau gunakan cara verifikasi yang lebih mudah gunakan HTML tag (lanjut baca nomor 4):

Google Search Console Verifikasi Cpanel

Tahapan cara verifikasi melalui download file Google dan Upload ke Cpanel. Gunakan jendela/tab baru untuk lakukan hal dibawah ini (urutan: mulai dari gambar di kiri trus klik ke kanan). Setelah selesai upload, kembali ke jendela/tab Google Search Console dan klik VERIFY.

4. Opsi lain yang lebih mudah adalah verifikasi gunakan kode HTML. Klik pada menu HTML tag. Caranya dibawah ini:

Google Search Console Verifikasi HTML

Copy kan kode HTML tertera disana dan masukkan pada baris setelah kode <head>. Contoh dibawah menggunakan CMS WordPress. Masuklah ke dashboard wordpress (urutan: mulai dari gambar di kiri trus klik ke kanan). Setelah selesai paste dan update file, kembali ke jendela/tab Google Search Console dan klik VERIFY.

Jika sudah terverifikasi, tampilan versi baru yang muncul pada Google Search Console. Untuk meminta agar website Anda dikunjungi oleh Googlebot dan meminta Google memunculkan di Google Search, ubahlah tampilan nya ke versi lama (Go to the old version). Lihat dibawah ini:

Tampilan Google Search Console yang Baru

Tampilan versi lama ada gambar bawah. Klik pada menu CRAWL > Fetch as Google dan klik pada tombol FETCH. Maka Google akan menerima permintaan untuk mengunjungi website Anda dari halaman depan. Selanjutnya Googlebot secara otomatis menelusuri link-link yang ada dalam website Anda.

Google Search Console Versi lama

Status nya akan muncul kemudian, seperti gambar dibawah ini:

Google Search Console Fetch and render

Namun jika Anda ingin tulisan terbaru segera didatangi Googlebot, lakukanlah Fetch as Google ini pada URL artikel Anda. Seperti contoh dibawah:

Google Search Console Fetch and render

Hasilnya setelah FETCH dibawah ini. Anda bisa lakukan fetch untuk tampilan di desktop dan smartphone sekaligus.

Google Search Console Fetch and render

Apa beda antara FETCH dengan FETCH AND RENDER? Menurut sumber langsung dari Google disini: https://webmasters.googleblog.com/2014/05/rendering-pages-with-fetch-as-google.html bahwa FETCH perintahkan Googlebot untuk indexing kode dan HTML nya saja. Kemudian untuk FETCH AND RENDER, Googlebot akan mencari semua file eksternal dari halaman website baik itu css, javascript, gambar, dll. Fasilitas ini membutuhkan waktu bagi Google untuk menampilkan laporan nya.

Semoga bermanfaat. Jika berkenan bisa share artikel ini. Terima kasih.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Thursday, September 6th, 2018 at 12:42 pm and is filed under Tutorial. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Workshop Digital Marketing - DONGKRAK

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc