Cara Buat Subdomain di Cpanel + Redirect

Cara Buat Subdomain di Cpanel + Redirect

Subdomain adalah domain tambahan setelah adanya domain name utama. Misal domain utama dalam contoh ini adalah cateringkita.com (tanpa atau dengan www). Subdomain dalam contoh ini adalah google.cateringkita.com. Subdomain adalah fasilitas web hosting yang gunakan kontrol panel Cpanel.

Subdomain digunakan untuk pembuatan website baru yang masih ada kaitannya dengan domain utama. Atau digunakan untuk redirect/forwarding ke tujuan website lain. Kita akan bahas cara buat subdomain dan cara redirect subdomain ke alamat web lain.

Cara Buat Subdomain

1. Masuk ke Cpanel, gunakan format www.namadomain.com/cpanel dengan username dan password yang ada dalam aktivasi web hosting di email Anda.

Cara buat subdomain di Cpanel

2. Setelah masuk Cpanel klik link Subdomain pada section Domain.

Cara buat subdomain

3. Pada halaman Sudomains, masukkan nama subdomain pada kolomnya. Kolom yang lain akan otomatis terisi yaitu di Document Root, akan mencipta folder sebagai tempat file-file. Kemudian klik tombol Create.

Cara buat subdomain

4. Proses selesai dengan menampilkan halaman konfirmasi. Klik Back. Terlihat seperti dibawah ini:

Cara buat subdomain

5. Selesai. Informasi subdomain terisi dibawah nya. Akan berlaku masa propagasi (pengenalan) selama 24-48 jam agar nama subdomain baru bisa diakses di dunia internet.

Cara buat subdomain

Cara Redirect/Forward Subdomain

Redirect/Forward subdomain berfungsi untuk mengarahkan ke alamat/URL website lain. Dalam contoh ini subdomain yang tercipta yaitu http://google.cateringkita.com di redirect ke https://cateringbali.business.site

1. Masih di halaman Subdomain, lihat baris subdomain dan klik link Manage Redirection.

Cara redirect subdomain

2. Masukkan nama/URL website lain yang akan dituju dalam kolom redirect to. Kemudian klik tombol Save.

Cara redirect subdomain

3. Proses selesai dengan menampilkan halaman kondirmasi. Klik back.

Cara redirect subdomain

Setelah itu akan berlaku masa propagasi (pengenalan) selama 24-48 jam agar subdomain baru itu bisa mengarahkan ke URL baru dan bisa diakses di dunia internet.

dongkrak
Boc Digital
BOC Banner

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux