Cara Buat Website dengan Google Bisnisku

Cara Buat Website dengan Google Bisnisku

Buat Anda yang profil bisnis nya telah terdaftar di Google Bisnisku maka otomatis akan tercantum di Google Maps juga. Banyak manfaat Google Bisnisku untuk memunculkan bisnis Anda di Google Search.

Salah satu fasilitas Google Bisnisku adalah bisa membuat website disana dengan platform Google Site builder. Data-data awal nya sudah diambil ketika Anda melengkapi informasi di Google Bisnisku. Tinggal aktifkan saja fitur website ini dan menambahkan beberapa informasi kunci didalamnya. Menarik kan?

Bagi Anda yang terbatas dengan dana pembuatan web design yang mungkin kurang terjangkau, maka fasilitas website dari Google Bisnisku bisa Anda manfaatkan. Namun untuk alamat website nya akan menggunakan URL sub domain milik Google yaitu namabisnis.business.site.

Yuk kita bahas cara buat website di Google Bisnisku gunakan platform Google Site. Kami menyarankan Anda menggunakan laptop/komputer untuk membuat website nya.

1. Login lah ke google.co.id/bisnisku dan pilih/klik lokasi/profil bisnis yang akan dikelola. Dalam contoh dibawah, kami menggunakan profil Warung Muslim Sate Kelinci Ponorogo.

Pilih lokasi kelola Google Bisnisku

2. Terbuka dashboard Google Binisku. Dalam artikel ini kami menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa menu nya. Pada sidebar kiri, klik Website. Maka muncul disebelah kanan adalah tawaran memilih themes (desain website). Silahkan memilih dan akan muncul desain nya secara otomatis berubah-ubah disebelah kanan. Setelah cocok, klik centang (langkah ke 3) untuk simpan desain website nya.

Pilih desain google site

3. Tambahkan informasi-informasi yang berkaitan dengan bisnis Anda. Tentukan Headline dan Description. Dua hal ini yang akan muncul di Google Search. Jadi pastikan Anda memahami kata-kata kunci (keywords) pikiran konsumen. Sebagai contoh digambar bawah ini, secara gampang nya adalah:

Headline: Menerangkan produk utama dan lokasi bisnis nya. Orang berwisata di Bedugul yang ingin makan sate, kemungkinan akan ketik sate dan bedugul.

Description: Merangkum produk-produk yang ditawarkan, fasilitas yang ditawarkan disertai pencantuman lokasi bisnis nya.

Summary header: Akan tampil di tengah website. Tampilkan produk-produk utama.

Summary body: Jelaskan secara panjang produk-produk yang ditawarkan, fasilitas, lokasi, janji yang diberikan kepada konsumen, proses produksi, dll.

Setelah selesai, klik tanda centang (langkah ke 3).

Isi title dan deskripsi website di google site

4. Muncul pemberitahuan bahwa website di Google Bisnisku sudah siap. Klik saja pada publish ataupun klik dimana saja biar pemberitahuannya itu hilang.

Pemberitahuan Publish google site

5. Secara default (settingan awal), Google berikan nama alamat (URL) website sesuai nama profil di Google Bisnisku. Hal ini terlalu panjang. Anda bisa mempersingkat nama website nya agar mudah diingat. Klik pada icon pensil.

Editing nama di google site google bisnisku

6. Ubah nama alamat website sesuai keinginan Anda. Tips: Bisa gunakan kata kunci (keywords) atau nama brand Anda sendiri. Yang penting pendek dan sambung. Klik Change. Jika nama tidak tersedia, Google akan beritahu. Cari lainnya lagi.

Ganti nama alamat website di google site

7. Alamat sudah berhasil ganti dan saatnya sekarang untuk publikasikan website Anda. Klik tombol PUBLISH.

Alamat selesai di google site

8. Google beri pemberitahuan bahwa website selesai di publikasikan. Klik tombol View Site.

Publish

9. Kemudian sebagai referensi Anda dalam menata hal diatas, bisa buka website https://satebedugul.business.site

Google site satebedugul

Kelola Update Konten Website Anda dalam Google Site

Setelah punya website di Google Site, Anda bisa update konten website melalui dashboard Google Bisnisku. Secara default, isi website Anda adalah seperti settingan Google Bisnisku pada umumnya yaitu ada nomor telpon, petunjuk arah (get direction), testimonial, gallery (berisi foto-foto Anda yang sudah diupload ke Google Bisnisku), peta, alamat dan jam buka tutup.

Anda bisa update memasukkan foto dan berita dalam website tersebut gunakan fasilitas Post dalam dashboard Google Bisnisku. Begini caranya:

1. Masih dalam dashboard Google Bisnisku, klik Post (langkah 1). Seperti tertera digambar bawah ini. Kemudian silahkan pilih salah satu dari banyak tawaran konten update disana.

Posting Update Konten Google Site

2. Dalam contoh, kami mau update konten produk. Gambar diambil dari komputer dan kemudian isi nama produk, harga (bisa gunakan pilihan range), deskripsi detail dan pilihan aksi. Banyak pilihan aksi yang bisa dipilih. Dalam contoh adalah pilih nomor telpon. Anda pun bisa memasukkan link (URL) ke halaman tertentu. Setelah selesai klik tombol PUBLISH. Dibawah adalah contoh nya. Nantinya konten update akan muncul di website Google site Anda. Selamat mencoba!

Posting selesai

Ditulis oleh
Hendra W Saputro
CEO BOC Indonesia

Boc Digital
BOC Banner
dongkrak

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux