Cara Buat Website, Panduan dan Langkah

Cara Buat Website, Panduan dan Langkah

Ada pelanggan BOC setelah beli web hosting dan domain name tanya cara buat website. Butuh panduan dan langkah agar bisa buat website sendiri. Ya buat website itu gampang, ada cara nya. Berikut panduan dan langkah nya setelah Anda sudah punya web hosting dan domain name sendiri:

Instalasi Buat Website

Sebagai pemula di dunia website dan ingin segera punya web bisnis sendiri, cukup menggunakan program website yang populer di dunia, yaitu WordPress. Setelah beli web hosting dan domain name, Anda diberikan aktivasi web hosting yang terkirim di email. Ada username dan password Cpanel disana. Maka login ke Cpanel itulah langkah pertama untuk bisa install program website WordPress. Seperti ini tampilan aktivasi web hosting nya:

Isi aktivasi web hosting untuk install wordpress

Selanjutnya lakukan instalasi program WordPress melalui Cpanel tersebut. Baca disini tentang cara install wordpress di Cpanel (open a new tab).

Cara Gunakan WordPress

Setelah selesai instalasi, dalam WordPress bisa langsung menulis untuk kebutuhan post, page, upload gambar, memilih template (theme), install plugins (program tambahan seperti tombol whatsapp, share social media, newsletter, SEO, dll). Semua hal tersebut bisa dikontrol dalam dashboard WordPress. Setelah login ke admin, begini tampilan dashboard nya:

Dashboard wordpress

Untuk tutorial menggunakan program wordpress, silakan baca di website Panduan Basic WordPress. Anda pun bisa membeli buku cara buat website dengan WordPress di toko-toko buku besar di kota Anda. Komplit dijelaskan disana bagi Anda yang belum terbiasa baca secara online. Bisa juga mengikuti Workshop Digital Marketing yang ajarkan cara buat website WordPress. Mendapatkan pendampingan juga sampai bisa.

Membuat Email dengan Domain Sendiri

Email untuk bisnis, sebaiknya menggunakan email sesuai dot com (nama website) sendiri daripada email publik gratisan gmail atau yahoo. Meningkatkan keyakinan dan nilai branding dari bisnis Anda sendiri. Misal email: contact@cateringkita.com lebih meyakinkan dan membuat orang lain kepo terhadap bisnis Anda daripada email cateringkita@gmail.com. Lebih baik besarkan brand sendiri daripada brand orang lain. Berikut tampilan email bisnis dengan domain sendiri yang diakses menggunakan browser (webmail):

Webmail

Selanjutnya buatlah email bisnis. Silakan baca tutorial: cara buat email domain sendiri atau silahkan tonton video tutorial cara bikin email di cpanel dibawah ini:

Selain bisa diakses menggunakan browser layaknya email gratisan, email bisnis dengan domain sendiri bisa diinstal/diakses melalui smartphone. Berikut cara install email di handphone (Android). Untuk iPhone pun hampir sama cara nya. Bisa juga diinstall ke laptop/komputer gunakan program Outlook Office, Thunderbird, atau MacMail.

Pemasaran Melalui Digital Marketing

Setelah punya website, tentunya harus komplit konten-konten nya, maka selanjutnya perlu dipublikasikan ke mesin pencari Google dan media sosial. Sebanyak 70% lebih orang cari informasi melalui search engine utamanya Google. Website Anda bisa muncul disana. Baca tutorial cara daftar website ke google.

Kemudian juga harus muncul di media sosial agar website Anda diketahui teman/kolega/orang lain. Disamping itu, muncul di media sosial adalah salah satu upaya memberikan social signal kepada mesin pencari bahwa website Anda mengandung informasi bermanfaat.

Google senang dengan website yang selalu diupdate. Maka jangan biarkan website Anda diam, statis dan tidak pernah ada update. Maka update disini adalah tulislah artikel yang berkaitan dengan topik-topik dalam bisnis Anda. Kegiatan update website adalah salah satu cara optimasi search engine/SEO (Search Engine Optimization). Ketahui cara SEO bekerja untuk website Anda. Kegiatan SEO memang jangka panjang dan kadang melelahkan. Anda bisa pertimbangkan gunakan jasa SEO untuk dongkrak website di Google.

Pahami juga cara-cara berjualan dan branding melalui media sosial. Berikut BOC memberikan tips untuk cara branding di Facebook, cara jualan di Twitter, cara jualan di LinkedIn, dan cara jualan di Instagram.

Technical Support

Dikala Anda perlu bimbingan maka harus ada tempat untuk bertanya-tanya ketika menjumpai website Anda tidak beres. Tujuannya agar kegiatan digital marketing melalui website bisa berjalan sempurna. Pastikan Anda memilih perusahaan web hosting yang sediakan bantuan teknis yang bisa diajak bicara secara manusia. Bukanlah bicara dengan robot.

Selamat datang di dunia online! Semoga bisnis Anda semakin terDONGKRAK dengan Go Online.

 

Boc Digital
BOC Banner
dongkrak

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux