Cara Install WordPress dengan Fantastico – Cpanel

Cara Install WordPress dengan Fantastico – Cpanel

Intalasi program blog WordPress dalam lingkup kontrol panel web hosting Cpanel. Bali Orange sebagai penyedia hosting Indonesia menggunakan Cpanel sebagai web hosting control panel. Tutorial dibawah ini menggunakan WordPress versi 2.8. Sebelumnya kami pernah membahas tutorial install WordPress dengan Fantastico dengan versi WordPress 2.3. Terdapat perbedaan instalasi antara WordPress versi 2.3 dengan 2.8.

Berikut adalah cara instalasi program WordPress untuk blog Anda yang menggunakan domain name pribadi dan web hosting cpanel :

1. Masuk ke Cpanel Anda sendiri. Misal http://www.distrokita.com/cpanel

2. Klik menu Fantastico di dalam Cpanel Anda.

wordpress1.gif

3. Klik menu WordPress disebelah kiri halaman Fantastico, disertai klik link New Installation di halaman sebelah kanan.

wordpress2.gif

4. Isikan data berkaitan dengan situs yang akan diinstal (contoh website distrokita.com). Setelah selesai klik tombol Install WordPress.

wordpress3.gif

5. WordPress telah terinstall di website Anda dan klik Finish Installation, untuk mentutaskannya.

wordpress4.gif

6. Halaman selanjutnya adalah laporan hasil installasi WordPress. Perhatikan tulisan merah disana untuk tidak menghapus file instalasi. Anda bisa mengirimkan hasil instalasi ke email.

wordpress5.gif

7. Dibawah adalah tampilan website Anda dengan layout tampilan standard milik dari WordPress.

wordpress6.gif

8. Selanjutnya, untuk administrasi WordPress gunakan http://www.bloganda.com/wp-admin

Dalam halaman administrasi (Dashboard), Anda bisa menulis artikel, membuat kategori, mengisi halaman, merubah layout themes, atur pengguna, aktifkan plugins, dll.

Untuk mengganti themes sesuai keinginan, silahkan baca tutorial cara ganti themes blog. Sebelumnya, Anda bisa cari layout themes favorit melalui situs-situs penyedia free themes. Bisa dicari di google.com dengan kata kunci “Free WordPress Themes”. Silahkan mencari, download, dan upload themes ke website blog Anda. Gimana cara ganti themes ? Silahkan baca tutorial ganti themes WordPress.

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux