Cara Transfer Domain Name

Cara Transfer Domain Name

Transfer domain name dari penyedia (provider) domain name lain ke BOC Indonesia punya syarat-syarat dan ketentuan transfer domain name.

Cara transfer domain name adalah

  1. Domain name nya harus aktif. Minimal 60 hari setelah registrasi di provider lama. Atau jika mendekati expired, maksimal sebelum 7 hari harus segera transfer.
  2. Domain name harus UNLOCKED. Registrar lock harus disable. Cara detailnya akan dijelaskan dibawah.
  3. Mempunyai kode transfer/EPP Code/Transfer Authorization code/Domain Secret. Penjelasan detail dibawah.
  4. Proteksi ID atau ID Protection harus di disable. Penjelasan detail dibawah.
  5. Eksyen! Lakukan order transfer domain name. Penjelasan detail dibawah.

Panduan bergambar cara transfer domain name

Penjelasan poin 2 – Cara disable umumnya seperti dibawah ini. Pelanggan harus bisa akses ke domain manager nya sendiri. Jika domain name dipegang pihak lain (web designer/webmaster), minta untuk lakukan disable registrar lock.

Cara transfer domain name: UNLOCK domain name

Penjelasan poin 3 – Kode transfer adalah karakter unik yang dihasilkan oleh registrar domain name (provider lama). Nama lain dari kode transfer: EPP Code, Transfer Authorization Code, Domain Secret, dll. Biasanya untuk ambil kode ini di domain manager. Kadang ada juga yang harus meminta ke provider dan kode akan terkirimkan ke email. Gambaran umumnya seperti dibawah:

Cara transfer domain name: EPP Code

Penjelasan poin 4 – Proteksi ID atau ID Protection adalah fasilitas untuk samarkan/kaburkan identitas kepemilikan domain name. Salah satu yang disamarkan adalah alamat email nya. Padahal proses transfer perlu mengetahui alamat email khususnya administrative contact. Jadi WHOIS ID Protection harus di disable. Pada domain manager, gambaran umum nya seperti gambar dibawah ini.

Cara transfer domain name, disable proteksi ID

Berikut adalah contoh WHOIS domain name yang status nya sudah OK, UNLOCKED (poin 2) dan Proteksi ID nya sudah disable (poin 4). Identitas registrant dan admin nya kelihatan.

whois domain name untuk transfer domain name

Penjelasan poin 5 – Langkah-langkah order transfer domain name. Perusahaan tempat transfer domain name dalam contoh ini adalah BOC Indonesia.

1. Buka www.boc.co.id dan masukkan nama domain yang akan ditransfer ke kolom domain name dan pilih ekstensinya. Terlihat seperti contoh dibawah.

Search domain name untuk transfer domain name

2. Halaman berikutnya adalah pemberitahuan status domain Anda. Unavailable artinya domain itu sudah aktif, berada di provider lama dan siap di transfer. Kemudian klik tombol Transfer a domain. Jika status nya available, Anda tidak perlu transfer dan tidak perlu sediakan syarat transfer domain. Cukup register kan saja.

Search domain name dan transfer

3. Masukkan kembali nama domain Anda dan masukkan kode transfer/EPP Code/Transfer Authorization code. Kemudian klik tombol Add to cart.

Transfer domain name

4. Review kembali orderan transfer domain. Jika ingin menambahkan order paket web hosting klik link [Tanpa Hosting! Klik untuk menambah]. Namun langkah selanjutnya tidak dibahas ditutorial ini. Anda bisa mencobanya sendiri.

Pada halaman ini Anda bisa menambahkan fasilitas pengelolaan DNS atau Proteksi ID. Penjelasan Proteksi ID ada di diatas. Setelah review OK klik tombol Continue.

Isikan identitas untuk transfer domain name

5. Halaman review menjelaskan harga transfer domain name. Harga ini sudah termasuk perpanjangan domain name selama 1 tahun kedepan. Selanjutnya klik tombol Checkout.

Review order transfer domain name

6. Isikan identitas Anda secara lengkap, disertai dengan menciptakan password nya. Fungsi nya untuk menciptakan database pelanggan. Nanti Anda bisa login dan tanpa isi identitas lagi di order berikutnya. Ikuti langkahnya sesuai gambar dibawah. Selanjutnya klik tombol Selesaikan Pemesanan.

Identitas pelanggan utk transfer domain name

7. Selanjutnya adalah halaman informasi tagihan (invoice). Silakan melakukan pembayaran di rekening yang tertera dan kemudian melakukan konfirmasi pembayaran agar kami mengetahui untuk segera aktifkan order transfer domain name.

Invoice transfer domain name

Hal selanjutnya yang terjadi setelah Anda selesai lakukan pembayaran transfer domain name adalah:

1. BOC akan lakukan aktifkan order transfer domain name. Berkirim notifikasi ke email admin domain name dan meminta persetujuan kepada provider lama (registrar).

2. Admin domain name akan mendapatkan email dari provider lama berisikan pemberitahuan transfer. BIARKAN JANGAN DIBALAS email itu. Dengan mendiamkan maka proses transfer akan berjalan.

3. Proses transfer ini memakan waktu 5 sampai 7 hari.

Artikel yang berkaitan : Cara Pindah Web Hosting dari perusahaan lama ke BOC

BOC Banner
Boc Digital
dongkrak

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux