Kenapa Kapasitas Kuota (Storage) Hosting Tidak Unlimited?

Kenapa Kapasitas Kuota (Storage) Hosting Tidak Unlimited?

Ada penyedia web hosting yang tidak menjual unlimited untuk kapasitas penyimpanannya (storage). Kapasitas atau storage yang berujud hard disk pasti ada batasannya. Ada yang 500 GB, 1 TB, 2 TB dan seterusnya. Harga yang dibayarkan sesuai storage yang dijanjikan dan tidak ambil storage konsumen lain. Disisi lain, ada penyedia web hosting yang menjual kapasitas hosting unlimited dengan beragam argumentasi. Sebelum membahas jauh tentang unlimited dan tidak unlimited, mari simak suara konsumen dibawah ini:

Saya disuruh pindah ke VPS lho. Kata penyedia hosting bernama Hosgatot, akun web hosting saya sudah melebihi batasan 300.000 inodes. Mana saya tahu ainod ainod itu. Makhluk apa tuh? Dulu beli ke hosgatot karena mereka bilang kapasitas storage nya Unlimited. Ternyata dibatasi juga. Pindah VPS kan mahal.

Hosting Unlimited dan Tidak Unlimited

Kadangkala ada konsumen yang tidak punya waktu secara detail membaca aturan main unlimited yang ternyata banyak sekali aturan batasannya. Konsumen ketika berencana membeli, mereka hanya melihat halaman penawaran web hosting nya. Disitu ada kata unlimited maka pikiran nya adalah kapasitas tanpa batas. Selanjutnya sikat! Beli.

Ketika ada konsumen yang ‘terusir’, kadangkala mereka merasa tertipu dengan kata Unlimited hosting tersebut. Terlepas dari beragam argumentasi unlimited yang telah diciptakan sebuah jasa layanan hosting. Ada kalanya konsumen artikan kata unlimited ya tanpa batas. Kalaupun ada batasannya seperti penggunaan inodes, bukankah inodes itu berada di hard disk? Maka dimana letak penerapan dari tanpa batas (unlimited) itu?

Apa itu INODES?

Inode adalah sebuah struktur data yang berisi informasi untuk sebuah objek dari file system (bisa berupa file atau direktori). Gampangannya, file itu inode, direktori itu inode.

Jika dalam akun hosting yang berujud hard disk, konsumen punya 10 file design web dan 2 direktori/folder maka punya 12 inodes. Apakah file email, statistik, log, database terhitung sebagai inode? Iya.

Lantas apakah penyedia hosting unlimited bisa dikatakan modern dan penyedia hosting tidak unlimited dikatakan tradisional?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, tradisional adalah sikap dan cara berpikir serta bertindak yang selalu berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang ada secara turun-temurun. Jika ada yang berpegang teguh pada tradisi apakah lantas kolot terhadap kemutakhiran teknologi? Tengok masyarakat yang teguh pada tradisi namun pola pikirnya mutakhir sesuai jaman nya.

Jika bicara tentang penyedia hosting tidak unlimited, apakah pola pikir dan perangkatnya kolot? Ada lho penyedia hosting yang teknologinya mengikuti perkembangan jaman. Hardware nya intel xeon, RAM nya besar, OS nya versi terbaru, server nya Litespeed, gunakan CloudLinux, versi pemrograman terbaru, tersedia kepastian backup data nya, technical support nya selalu betulkan masalah, tidak berikan link dan suruh konsumen membaca untuk pecahkan sendiri masalahnya.

Kemungkinan juga ada penyedia hosting unlimited yang spesifikasi hardware nya kecil, OS versi lama, RAM kecil, gunakan Apache, versi pemrogramannya jadul, tidak ada backup data karena melebihi batasan inodes, dan technical support nya selalu berikan link agar konsumen membaca dan pecahkan masalahnya sendiri.

Sungguh sayang jika hanya dengan kata unlimited lantas klaim diri modern. Apa arti kata modern? Silakan cari sendiri ya 🙂

Sebelum beli web hosting, cari tahu dulu secara detail arti sesungguhnya dari kata unlimited itu ya. Biasanya ada aturan yang membatasi nya. Klo yang tidak unlimited, sudah jelas sekali hak dan batasannya. Batasan kuota sesuai  yang dibayarkan dan tidak mengambil jatah kuota konsumen lain.

Berikut contoh Term Of Services (TOS) umum yang dimiliki oleh penyedia hosting unlimited. Bisa jadi isi TOS di penyedia lain berbeda pula. Keputusan ada ditangan konsumen.

——-

Pada layanan Unlimited Hosting, berlaku kebijakan penggunaan sumber daya sebagai berikut:

Unlimited Hosting tidak boleh digunakan untuk penyediaan layanan berikut:

(a) Streaming Video
(b) Online Storage
(c) File Sharing
(d) Image Hosting

Pelanggan tidak diperkenankan untuk menyimpan file berukuran lebih dari 2GB, penyedia berhak menghapus file berukuran lebih dari 2GB tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Batas inodes dalam satu akun hosting unlimited adalah 200.000 inodes. Jika inodes sudah mencapai 200.000, maka akun hosting tidak akan di-backup sehingga pelanggan dapat kehilangan data apabila terjadi kerusakan pada server dan penyedia tidak akan bertanggungjawab atas hal tersebut.

Backup mingguan hanya akan dijalankan pada akun yang menggunakan disk space lebih kecil dari 10GB dan inodes lebih kecil dari 200.000.

Total penggunaan email pada satu akun hosting tidak diperkenankan melebihi 10GB.

——-

Silahkan berpendapat sendiri soal unlimited ini. Artikel ini bertujuan untuk menambah wawasan.

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux