Manfaat Keywords Panjang (Long Tail) di Google
Jadi juara di mesin pencari Google Search tidak harus fokus di dua kata kunci (keywords) saja. Pemenang tidak harus juara satu namun ada juara dua, tiga, harapan, favorit dan lain sebagainya. Website Anda bisa jadi juara dan diketemukan di kata-kata kunci panjang (long tail keywords).
Contoh jika website Anda menawarkan tour, maka tidak harus memburu harus juara dengan keywords Bali Tour di Google Search. Tawarkan hotel maka tidak harus habis waktu optimalisasi keywords Bali Hotel.
Ciptakan Artikel dan Konsisten Update Website
Seperti yang saya bilang sebelumnya di artikel menulis SEO (Search Engine Optimization), bahwa Google senang dengan website yang hangat. Artinya sering di update dengan mencipta artikel-artikel yang berkaitan dengan produk atau bisnis Anda. Artikel ini punya potensi muncul di Google Search dan diketemukan oleh pengguna internet (users) yang nantinya berpotensi jadi pelanggan Anda.
Ketika buat judul dan isi artikel, pikirkan tentang kata-kata atau kalimat yang kemungkinan ada di benak users dan digunakan sebagai keywords pencarian. Buatlah konten artikel utamanya untuk users, bukan untuk melayani mesin pencari (search engine). Anda bisa gunakan fasilitas Google Autocomplete untuk tahu keywords yang selalu dicari users.
Studi Kasus Website Catering dan Otomotif
Berikut saya sajikan fakta dua statistik website yang diketemukan oleh users dengan keywords yang panjang lebih dari dua kata. Pertama adalah website cateringmurahbali dot com. Sebagai website penyedia catering di Bali tidak harus fokus menjadi juara di dua kata kunci keramat semisal “Catering Bali”. Website ini konsisten menciptakan artikel untuk update website nya. Maka yang terjadi adalah artikel-artikel itu tertangkap oleh users yang menggunakan kata-kata kunci panjang dalam Google Search. Silakan melihat gambar bawah dan lakukan investigasi sendiri di website nya dan di Google.
Berikutnya adalah website otomotifbali dot com. Sebuah website dengan tema umum otomotif. Semua merk motor, mobil, kebijakan, promo, komunitas dan pernak-pernik asesoris nya tertulis disana. Tidak ada kata kunci keramat yang harus diperebutkan di Google Search. Akhirnya users menemukan website tersebut dengan kata-kata kunci panjang. Silakan cek gambar dibawah dan lakukan investigasi sendiri di website nya dan di Google.
Kesimpulannya: Buatlah artikel secara konsisten untuk hangatkan website Anda. Tujuannya untuk beri informasi berharga bagi users dan akan tercantum di Google Search, diketemukan users dengan kata-kata kunci panjang. Fahami cara kerja SEO juga.
Contoh jika website Anda adalah penyedia tours, buatlah artikel berjudul “Wisata Kintamani Lihat Gunung dan Danau Batur”. Konten artikel nya membahas tentang sejarah gunung dan danau, ceritakan pemandangan Kintamani, area menarik untuk menikmati pemandangan dan berfoto, bercerita tentang trunyan, makan di restoran apung dan menu ikan mujair nya dan lain sebagainya. Bisa juga buat artikel berjudul “5 Restoran Enak dan Nikmat di Kintamani”, “Pemandian Air Panas Kintamani”, dan lain sebagainya. Kemungkinan besar users akan menemukan artikel tersebut dengan kata-kata kunci panjang. Apalagi jika website itu dilengkapi dengan ikon berbagi di media sosial (social media share button). Bisa jadi website Anda akan diviralkan oleh users.
Selamat mencoba.
Salam DONGKRAK!
Hendra W Saputro
CEO BOC Indonesia
[ig] hendraws
[ig BOC] bocjoss
Leave A Response
3 Comments
mari buruan teman-teman langsung saja bergabung bersama kami juga jangan sampai kelewatan game tersebut yang berada di indonesia Indopvp
Sangat membantu pak tulisannya utk menambah pengetahuan sy 😊 dtggu tulisan berikutnya
Salam dongkrak