Menebar Potensi Bisnis Online di Politeknik Negeri Bali

Menebar Potensi Bisnis Online di Politeknik Negeri Bali

Seorang mahasiswa Politeknik Negeri Bali bernama Ahmad Mutaqin bertanya, “Pak, apakah bisa berbisnis online tanpa harus menjual barang, jika kita belum punya barang-barangnya ?”. Kemudian, mahasiswa bernama Wijaya bertanya, “Jika kita masih belum punya uang untuk buat website, adakah cara lain untuk memulai bisnis online?“.

politeknibali1

Pertanyaan dari 2 mahasiswa diatas adalah sebagian saja dari 9 penanya pada seminar sehari dengan tema meningkatkan wawasan mahasiswa tentang teknologi informasi di Politeknik Negeri Bali, Minggu 31 Oktober 2010. Pertanyaan tersebut muncul setelah BOC memberikan pemaparan tentang potensi e-commerce (bisnis online) sebagai bentuk dari wirausahawan modern berbasiskan media online internet (netpreneur).

Bisnis online, pada umumnya menjual produk dan jasa. Jika kita masih belum punya produk, maka dunia online masih menawarkan rejeki dengan kemampuan kreativitas (jasa). Jika kita pintar menulis, desain, programmer, analis, broker (perantara) dll yang berkutat pada kerja otak (kreativitas), maka tempat yang efektif menawarkan kemampuan itu adalah di forum-forum yang mempertemukan penjual dan pembeli. Misalnya forum kaskus.us.

Ketika berjualan dalam forum, maka sambil pula membuat website yang instan melalui penyedia website gratis semisal ikut dengan wordpress.com atau blogspot.com. Setelah mendapatkan rejeki yang cukup, investasi selanjutnya adalah membuat website dengan nama resmi perusahaan misal www.namaperusahaan.com. Jadi, dalam bisnis online masih terbuka diawali dengan tanpa modal (materi) sedikitpun. Kreativitas bisa dijadikan modal utama. Disamping itu, kejujuran dan konsistensi dalam berkarya harus menjadi roh dalam setiap kegiatan berbisnis online, karena mayoritas antara penjual dan pembeli tidak pernah ketemu fisik secara langsung. Yang ada dalam setiap transaksi adalah kepercayaan.

Seminar sehari yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Computer Club Politeknik Negeri Bali ini mampu menarik perhatian kurang lebih 250 mahasiswa. Hampir semua tempat duduk yang disediakan penuh. Kami di Bali Orange Communications menyambut dengan bahagia karena seminar ini adalah wujud dari misi untuk membumikan website kepada masyarakat. Sukses buat mahasiswa Politeknik Negeri Bali.

politeknibali2

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux