Mengapa Halaman Website Saya Tidak Muncul di Google?

Mengapa Halaman Website Saya Tidak Muncul di Google?

Pertanyaan “Mengapa website saya tidak muncul di Google?” biasa muncul pada orang yang baru selesai buat website atau pada orang yang sudah lama punya website.

Bagi yang baru selesai buat website, maka perlu daftarkan website nya ke Google. Baca cara daftar website ke Google.

Setelah mengikuti langkah disana, butuh beberapa hari kemudian akan muncul di Google Search.

Bagaimana jika website sudah lama online dan tidak muncul sama sekali di Google Search? Padahal sudah didaftarkan ke Google menggunakan fasilitas Search Console yang terjelaskan diatas.

Pastikan mencari website Anda dengan formulasi ini: Ketik di kolom Google site:namawebsite.com. Seperti terlihat digambar bawah ini.

Cara cek website di Google

Kalau ternyata tidak muncul sama sekali, maka harus ada diagnosa/pemeriksaan terhadap website Anda. Diantaranya:

Periksa Meta

Buka website Anda di browser dan lakukan view source. Pastikan tidak ada baris perintah NOINDEX, NOFOLLOW. Seperti informasi META ROBOTS dibawah ini (kotak hitam). Segera copot satu baris tersebut.

Website tidak muncul karena meta robots

Menurut Google, meta tag robots noindex artinya memerintahkan mesin pencari untuk tidak menampilkan halaman website kedalam hasil pencarian (search).

Kemudian arti nofollow, menurut MOZ adalah memberitahu robot search engine untuk tidak mengikuti tautan (link) apa pun pada halaman atau meneruskan ekuitas tautan apa pun.

Periksa File Robots.txt

Google menjelaskan akan mengunjungi dan membaca file robots.txt dari sebuah website. Kata Google, file ini berfungsi menjadi acuan mesin pencari untuk proses perekaman (indexing) halaman-halaman website.

Pastikan tidak ada perintah dibawah ini dalam file robots.txt website:

User-agent: *
Disallow: /

User-agent adalah nama-nama agen/robot mesin pencari. Misal googlebot untuk nama robot mesin pencari Google.

Disallow: / adalah perintah untuk tidak merekam (indexing) seluruh halaman website.

Harusnya perintah dalam file robots.txt adalah seperti dibawah ini dimana akan mengundang semua agen mesin pencari untuk merekam semua halaman website.

User-agent: *
Allow: /

Periksa dari Malware

Website pun bisa disusupi oleh script jahat yang bernama malware. Mesin pencari mampu mengenali malware tersebut. Pastikan website website Anda terbebas dari Malware dengan meminta webmaster atau web hosting provider untuk periksa. Kenapa bisa ada malware dalam website? Karena Anda menggunakan script pemrograman yang lawas/lama. Jadi malware tersebut menyusup melalui perintah-perintah pemrograman. Bukanlah lewat akun webhosting/server nya.

Website tidak muncul

Baca juga cara hilangkan reported site attack

Salam DONGKRAK!

Hendra W Saputro
CEO BOC Indonesia
Worldwide Communications for The People!

[pro_ad_display_adzone id=4006]
Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux