Apa itu Offsite dan Onsite Data Backup pada website

Apa itu Offsite dan Onsite Data Backup pada website

BOC mempunyai fasilitas backup website, adalah fasilitas copy/menyalin website secara keseluruhan yang ada didalam akun Cpanel (file website, database, email, statistik, dan sistem Cpanel).

Latar Belakang adanya fasilitas Backup
Kita tidak pernah tau yang akan terjadi dengan komputer (khususnya hardisk, sebagai tempat menyimpan data) di masa datang. Hardisk bisa saja, tiba- tiba mengalami kerusakan (failure) yang akibatkan data tidak bisa diambil kembali. Untuk mengatasi bencana ini, perlu fasilitas backup data di hardisk lain dalam satu komputer itu sendiri (Onsite), dan bahkan di komputer yang lain (Offsite).

Waktu Backup
BOC mempunyai standarisasi waktu backup data dalam Cpanel per hari (daily) dan data per satu minggu (weekly), serta data per satu bulan (monthly).

Tujuan Hardisk Backup
Dalam setiap server utama, BOC mempunyai 2 hardisk (HD). HD pertama digunakan untuk file sistem dan data pelanggan (Cpanel), sedangkan HD kedua digunakan sebagai tujuan Backup. Aktivitas Backup ini dinamakan Onsite Backup. Kemudian, BOC mempunyai server lain dalam HD lain pula yang digunakan untuk tujuan Backup sekunder. Aktivitas ini dinamakan Offsite Backup.

Jadi, sistem pada server utama secara berkala (daily, weekly dan monthly) akan melakukan aktivitas backup ke HD ke dua didalam server sendiri (Onsite) dan melakukan file transfer ke HD server lain (Offsite) untuk tujuan Backup.

Kesimpulan: Jika HD pada server utama hancur, maka pelanggan masih punya salinan/backup pada HD ke dua (dalam mesin sendiri) dan punya salinan/backup di HD server lain. Inilah keamanan data yang kami perhatikan untuk kenyamanan pelanggan.

Gambar dibawah: Adalah fasilitas backup dalam Cpanel, tanda bahwa website mempunyai backup. Ingat! Backup itu super duper PENTING!

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux