Pemasaran Melalui Website oleh Mahasiswa Fakultas Pariwisata UNUD

Pemasaran Melalui Website oleh Mahasiswa Fakultas Pariwisata UNUD

Mahasiswa Fakultas Pariwisata Universitas Udayana mempunyai mata kuliah manajemen pemasaran, diasuh oleh Dosen Bapak Made Sukana, M.Par. Beliau memberikan gambaran tentang penting nya potensi pasar yang berada di dunia online. Salah satu tugas bagi para mahasiswa nya adalah membuat publikasi melalui website.

Metode tugas publikasi melalui website ini telah terlaksana setahun yang lalu. Tahun ini BOC melalui team nya Noviar Mulya Suganda memberikan pemaparan dan pendampingan dalam pembuatan website. Kami memahami bahwa mereka selama kuliah di Fakultas Pariwisata tidak diajarkan tentang web design, namun dengan banyaknya CMS (Content Management System) menjadikan membuat website begitu mudah.

Terlebih dahulu mereka harus mempunyai domain name dan web hosting bagi websitenya. Selama 6 bulan, BOC memberikan bimbingan ke kampus Fakultas Pariwisata. Begitupula diluar jam mata kuliah, para mahasiswa berkunjung ke kantor BOC untuk konsultasi. Team BOC lain seperti Surya Darmawan, Komang Harry, Didi Purwadi, Priyo Sutanto juga ikut membimbing mereka.

Dalam pembuatan website ini, kami mengharuskan para mahasiswa untuk menghasilkan isi (teks dan gambar) original atas usaha sendiri. Menurut pemaparan, mereka telah berkunjung ke pihak-pihak yang berkaitan dengan isi website. Contohnya berkunjung ke desa, melakukan negosiasi dengan petani salak, pemotretan busana, melakukan lobi dengan pengusaha properti, kebaya, asesoris dan lain sebagainya.

Tibalah saat nya mereka presentasikan hasil pembuatan website tersebut. Secara berkelompok dan satu persatu melakukan presentasi, berikut adalah hasil karya para mahasiswa Fakultas Pariwisata tersebut :

www.kintamanigeotours.com
www.sandatbaliproperties.com
www.balinatur-edu.com
www.gandrungsutra.com
www.balivillagetour.com
www.sunarcollections.com
www.fashionbalibagus.com
www.twinbaliphoto.com
www.wisatasalakbali.com

Kami menyambut baik gagasan manajemen pemasaran khususnya lewat website mengingat pengguna internet Indonesia semakin tahun meningkat. Harapannya kepada para mahasiswa tersebut adalah media online merupakan kanal marketing yang prospektif. Sehingga mereka mampu memanfaatkan untuk meningkatkan taraf hidup. Membuat website tidaklah sulit, berlaku hukum bisa karena terbiasa asalkan niat. Semoga kerberlangsungan website mereka terjaga secara terus menerus dan bukanlah karena pemenuhan prasyarat kuliah saja.

 
Google has deprecated the Picasa API. Please consider switching over to Google Photos
Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux