Perubahan SMTP pada koneksi INDOSAT
Belakangan ini, kami sering mendapatkan keluhan dari pelanggan dan dari masyarakat pengguna koneksi Indosat (IM2). Keluhan itu adalah gagal dalam mengirim email menggunakan server SMTP sendiri (Outgoing mail). Kegagalan bisa dialami jika pelanggan menggunakan mail client, seperti Microsoft Outlook Express, Outlook Office, Windows Mail, Thunderbird, dll. Jika pelanggan menggunakan webmail, maka tidak menemui masalah tersebut.
Setelah ditelusuri, ternyata masalah ini berasal dari pihak Indosat sendiri yang merubah kebijakan dalam kegiatan berkirim email. Seperti tertuang dalam pemberitahuan perubahan setting email di situs Indosat.
Jika pelanggan merupakan pengguna koneksi Indosat (apapun paketnya), maka alamat SMTP server harus menyesuaikan dengan milik Indosat. Perubahan SMTP pada Indosat dikarenakan banyak pelanggan pengguna koneksi Indosat melakukan kegiatan spamming. Jadi Indosat merasa perlu untuk menyaring kegiatan berkirim email oleh pelanggannya agar bersih dari spam (biasanya menyebarkan virus).
Kegiatan menyaring email ini berimbas kepada pelanggan Indosat yang menggunakan private SMTP server (yang digunakan oleh pelanggan Bali Orange maupun hosting lain). Maka, kegiatan berkirim email harus menyesuaikan menggunakan SMTP server Indosat.
Maka solusi untuk pelanggan Bali Orange maupun pengguna private hosting lain adalah :
– Merubah SMTP server (Outgoing mail server) ke smtp.indosat.net.id
– Non aktifkan SMTP Authentication (Turn Off).
Berikut cara merubah informasi SMTP server non aktifkan SMTP Authentication :
Pengguna Microsoft Outlook Express :
– Pilih Tool > Account
– Pilih Tab Mail, Klik Properties
– Pada Tab Server, silahkan masukan smtp.indosat.net.id
– Uncheck/cabut tanda centang pada My Server requires authentication
Pengguna Microsoft Outlook Office :
– Pilih Tool > Email Account
– Pilih View or Change Email Account, Klik Next
– Pada Email Account, Klik Change
– Pada kolom Server Information, silahkan masukan smtp.indosat.net.id
– Klik tombol More Setting
Kami telah mencoba berkirim menggunakan SMTP Indosat, dan berhasil terikirim ke server Baliorange, Yahoo.Com dan Gmail.Com. Dengan informasi header seperti dibawah ini :
23 Comments
Saya coba port25 ga bisa
Udah set tanpa login
Apa lagi yang harus di set?
selamat siang
Pak mohon bantuan untuk setting smtp menggunakan telkomsel ya?
smtp ? dan port ?
semoga ilmunya bermanfaat,. amien
saya mengalami hal yang sama.
pesn error-nya juga sama.
tolong di bantu solusinya gimana ?
Suksma Pak Hendra, saya udah 4 hari ngoprek script email yg gak jalan. Ternyata masalahnya adalah server tsb terkoneksi melalui Indosat dan email akhirnya bisa terkirim setelah memakai SMTP Indosat.
Dah diganti tapi masih eror bisa nerima tapi gak bisa kirim gimana ya .. berikut error message nya .. tolong donk … Asep
An unknown error has occurred. Account: ‘pop.indosat.net.id’, Server: ‘smtp.indosat.net.id’, Protocol: SMTP, Server Response: ‘554 Your access to this mail system has been rejected due to the sending MTA’s poor reputation. If you believe that this failure is in error, please contact the intended recipient via alternate means.’, Port: 25, Secure(SSL): No, Server Error: 554, Error Number: 0x800CCC6F
Jika menggunakan koneksi indosat, maka smtp server nya harus pake Indosat juga Pak. Sama spt saya jelaskan seperti artikel diatas.
siang pak
saya mau tanya.
perusahaan saya menggunakan Indosatm2.net.id.dan pada saat mengirim email pasti error,mkn bapak bs kasih saya masukan atau solusi bt saya.
prusahaan saya menggunakan MS Outlook 2007.
mksh seblm&sesdhnya.
saya tunggu balasannya di email saya (yor_caem@yahoo.com)
saya juga mengalami hal yang sama tapi ketika ganti smtp nya ke indosat satu email yang di kirim yang menerimanya berkali-kali, dan aneh nya lagi di outbox atau di sent item tidak ada,aneh nya lagi ketika dikirim email lagi tidak masalah, dan satu email itu sampai saya menulis di disini masih terkirim tapi sebelumnya normal ketika menggunakan smtp server kami(lg down),mohon pencerahannya segera karena yang menerima email tersebut client2 kami dari luar negri.
Saya mengalami hal yang sama dengan pak Daniel. Bedanya port nya sudah di set 25, non secure. Tapi masalahnya tetap tidak bisa krm email indosatm2 dari outlook express. Ada solusi ?
thanks
pak,,,
saya sudah buat seperti yang diatas kok masih gak bs end yah? saya pake Outlook 2007.
apa ada bedanya yah?
TY
Buat Pak daniel, secure jangan ssl tapi non secure (tanpa enkripsi. Kemudian port number 25 bukan 26. Semoga membantu
hi, pak hendra boleh saya bertanya sedikit?
saya mempunyai mail server sendiri, nah disini maslaahnya,
ketika saya masukan settingan smtp.indosat.net.id , eror selalu seperti ini :
The host ‘smtp.indosat.net.id’ could not be found. Please verify that you have entered the server name correctly. Account: ‘xxxxxx’, Server: ‘smtp.indosat.net.id’, Protocol: SMTP, Port: 26, Secure(SSL): No, Socket Error: 11004, Error Number: 0x800CCC0D
apa yang salah ya? dan juga, dahulu saya pakai telkomsel , sering sekali email yang saya kirim masuk ke folder junk mail, apakah ada yang mengalami hal tsb di indosat??
thanks
terimakasih sangat membantu sekali…saya sempat bingung karena baru saja berganti provider internet ke im2
Yang di outbox itu masih mengenali setingan lama, sebelum Anda merubah smtp. Hapus saja email di outbox tersebut.
Semoga mendapatkan solusi.
pak Hendra,
saya sudah merubah smptpnya, dan akhirnya saya bisa ngirim email.tetapi kok messege masih ada di outbox ya?
padahal menurut konfirmasi recepientnya, email saya sudah keterima, bahkan keterimanya berkali kali, sampai lebih dari satu kali untuk satu email.
mohon petunjuknya, bagaimana ya solusinya.
terima kasih
Pa untuk setting di Advanced outging mail nya Brp Apakha?? masih pake 465?
Iya Pak, begitulah adanya. Resikonya adalah, lambat diterima oleh penerima. Trus, dalam kasus yg berat, bisa ditolak sama server penerima. Karena apa ? Karena SMTP Authentication nya tidak ada. Identitas pengirim dan pembawa (Indosat) berbeda. Sebetulnya rentan sih. Kadang email nya hilang entah kemana. Beda jika SMTP nya pake server sendiri. Pengirim dan pembawa sama.
makasih pak hendra…..ternyata itu toh masalahnya…OK..diubah settingannya…
Mohon konsultasi dengan perusahaan hosting nya pak. Ketika tidak bisa/error, biasanya ada pesan error nya. Akan bisa dianalisa kekeliruan yg terjadi. Kalau di server kami, setingan diatas cukup mujarab. Terima kasih komentarnya.
Infonya sangat membantu tetapi aq masih belum bisa mengunakannya padahal aq sudah ngikuti apa yang disarankan untuk merubah smtp nya.
Siang Pak.
Jika Bapak memang menggunakan koneksi internet Indosat. Maka SMTP server harus menggunakan mereka di : smtp.indosat.net.id dan me non aktifkan SMTP Authentication nya. Email akan terkirim tetapi tidak real time, karena harus mampir ke server Indosat untuk di filter dan masuk daftar antrian pengiriman. Perbedaannya hanya diwaktu saja. Saya telah mencoba menggunakan koneksi Indosat dan menerapkan cara diatas. Lancar kok pak.
Selamat Siang.
Kami ingin mengatakan bahwa memang benar bahwa selama ini kami sering mengalami masalah dalam mengirim email terutama pada saat kami mengirim email dalam jumlah yang banyak.
Tapi belakangan ini bukan hanya itu saja masalahnya, kami juga pernah mengalami dimana email kami tidakterkirim ke klien karena mungkin dari permasalahan yang anda jelaskan di atas.
Pertanyaan dari kami, apakah jika kami merubah SMTP server atau menonaktifkan SMTP Authentication, maka kami tidak akan menemui masalah seperti sebelumnya?
Karena ini tidak akan bagus untuk kelancaran komunikasi bisnis kami yang sebagian besar menggunakan email.
Terima kasih untuk informasi dan waktunya.