Perubahan SMTP pada koneksi INDOSAT

Perubahan SMTP pada koneksi INDOSAT

indosat.gifBelakangan ini, kami sering mendapatkan keluhan dari pelanggan dan dari masyarakat pengguna koneksi Indosat (IM2). Keluhan itu adalah gagal dalam mengirim email menggunakan server SMTP sendiri (Outgoing mail). Kegagalan bisa dialami jika pelanggan menggunakan mail client, seperti Microsoft Outlook Express, Outlook Office, Windows Mail, Thunderbird, dll. Jika pelanggan menggunakan webmail, maka tidak menemui masalah tersebut.

Setelah ditelusuri, ternyata masalah ini berasal dari pihak Indosat sendiri yang merubah kebijakan dalam kegiatan berkirim email. Seperti tertuang dalam pemberitahuan perubahan setting email di situs Indosat.

Jika pelanggan merupakan pengguna koneksi Indosat (apapun paketnya), maka alamat SMTP server harus menyesuaikan dengan milik Indosat. Perubahan SMTP pada Indosat dikarenakan banyak pelanggan pengguna koneksi Indosat melakukan kegiatan spamming. Jadi Indosat merasa perlu untuk menyaring kegiatan berkirim email oleh pelanggannya agar bersih dari spam (biasanya menyebarkan virus).

Kegiatan menyaring email ini berimbas kepada pelanggan Indosat yang menggunakan private SMTP server (yang digunakan oleh pelanggan Bali Orange maupun hosting lain). Maka, kegiatan berkirim email harus menyesuaikan menggunakan SMTP server Indosat.

Maka solusi untuk pelanggan Bali Orange maupun pengguna private hosting lain adalah :
– Merubah SMTP server (Outgoing mail server) ke smtp.indosat.net.id
– Non aktifkan SMTP Authentication (Turn Off).

Berikut cara merubah informasi SMTP server non aktifkan SMTP Authentication :

Pengguna Microsoft Outlook Express :
– Pilih Tool > Account
– Pilih Tab Mail, Klik Properties
– Pada Tab Server, silahkan masukan smtp.indosat.net.id
– Uncheck/cabut tanda centang pada My Server requires authentication

oe_1.gif

Pengguna Microsoft Outlook Office :
– Pilih Tool > Email Account
– Pilih View or Change Email Account, Klik Next
– Pada Email Account, Klik Change
– Pada kolom Server Information, silahkan masukan smtp.indosat.net.id
– Klik tombol More Setting

office_2003-1.gif

office_2003-2.gif

Kami telah mencoba berkirim menggunakan SMTP Indosat, dan berhasil terikirim ke server Baliorange, Yahoo.Com dan Gmail.Com. Dengan informasi header seperti dibawah ini :

boc_indosat.gif

dongkrak
BOC Banner

23 Comments

  • Willy says:
    July 13, 2017 at 10:30 am

    Saya coba port25 ga bisa
    Udah set tanpa login

    Apa lagi yang harus di set?

  • rahman21 says:
    August 10, 2011 at 2:44 pm

    selamat siang
    Pak mohon bantuan untuk setting smtp menggunakan telkomsel ya?
    smtp ? dan port ?

    semoga ilmunya bermanfaat,. amien

  • hzhou says:
    June 23, 2011 at 8:18 pm

    saya mengalami hal yang sama.
    pesn error-nya juga sama.
    tolong di bantu solusinya gimana ?

  • Alwi says:
    April 25, 2011 at 6:13 pm

    Suksma Pak Hendra, saya udah 4 hari ngoprek script email yg gak jalan. Ternyata masalahnya adalah server tsb terkoneksi melalui Indosat dan email akhirnya bisa terkirim setelah memakai SMTP Indosat.

  • asep says:
    March 22, 2011 at 11:49 am

    Dah diganti tapi masih eror bisa nerima tapi gak bisa kirim gimana ya .. berikut error message nya .. tolong donk … Asep

    An unknown error has occurred. Account: ‘pop.indosat.net.id’, Server: ‘smtp.indosat.net.id’, Protocol: SMTP, Server Response: ‘554 Your access to this mail system has been rejected due to the sending MTA’s poor reputation. If you believe that this failure is in error, please contact the intended recipient via alternate means.’, Port: 25, Secure(SSL): No, Server Error: 554, Error Number: 0x800CCC6F

  • Hendra W Saputro says:
    November 30, 2010 at 3:23 pm

    Jika menggunakan koneksi indosat, maka smtp server nya harus pake Indosat juga Pak. Sama spt saya jelaskan seperti artikel diatas.

  • dony says:
    November 30, 2010 at 2:06 pm

    siang pak
    saya mau tanya.
    perusahaan saya menggunakan Indosatm2.net.id.dan pada saat mengirim email pasti error,mkn bapak bs kasih saya masukan atau solusi bt saya.
    prusahaan saya menggunakan MS Outlook 2007.
    mksh seblm&sesdhnya.
    saya tunggu balasannya di email saya (yor_caem@yahoo.com)

  • iwan vanozz says:
    August 5, 2010 at 3:38 pm

    saya juga mengalami hal yang sama tapi ketika ganti smtp nya ke indosat satu email yang di kirim yang menerimanya berkali-kali, dan aneh nya lagi di outbox atau di sent item tidak ada,aneh nya lagi ketika dikirim email lagi tidak masalah, dan satu email itu sampai saya menulis di disini masih terkirim tapi sebelumnya normal ketika menggunakan smtp server kami(lg down),mohon pencerahannya segera karena yang menerima email tersebut client2 kami dari luar negri.

  • canly says:
    May 6, 2010 at 4:43 pm

    Saya mengalami hal yang sama dengan pak Daniel. Bedanya port nya sudah di set 25, non secure. Tapi masalahnya tetap tidak bisa krm email indosatm2 dari outlook express. Ada solusi ?

    thanks

  • dnia says:
    March 7, 2010 at 9:09 pm

    pak,,,

    saya sudah buat seperti yang diatas kok masih gak bs end yah? saya pake Outlook 2007.
    apa ada bedanya yah?
    TY

  • Eko says:
    February 26, 2010 at 3:26 am

    Buat Pak daniel, secure jangan ssl tapi non secure (tanpa enkripsi. Kemudian port number 25 bukan 26. Semoga membantu

  • daniel says:
    December 15, 2009 at 8:22 pm

    hi, pak hendra boleh saya bertanya sedikit?

    saya mempunyai mail server sendiri, nah disini maslaahnya,

    ketika saya masukan settingan smtp.indosat.net.id , eror selalu seperti ini :

    The host ‘smtp.indosat.net.id’ could not be found. Please verify that you have entered the server name correctly. Account: ‘xxxxxx’, Server: ‘smtp.indosat.net.id’, Protocol: SMTP, Port: 26, Secure(SSL): No, Socket Error: 11004, Error Number: 0x800CCC0D

    apa yang salah ya? dan juga, dahulu saya pakai telkomsel , sering sekali email yang saya kirim masuk ke folder junk mail, apakah ada yang mengalami hal tsb di indosat??

    thanks

  • artikel psikologi says:
    November 8, 2009 at 7:57 pm

    terimakasih sangat membantu sekali…saya sempat bingung karena baru saja berganti provider internet ke im2

  • Hendra W Saputro says:
    June 27, 2009 at 3:13 pm

    Yang di outbox itu masih mengenali setingan lama, sebelum Anda merubah smtp. Hapus saja email di outbox tersebut.
    Semoga mendapatkan solusi.

  • arif says:
    June 27, 2009 at 1:23 pm

    pak Hendra,

    saya sudah merubah smptpnya, dan akhirnya saya bisa ngirim email.tetapi kok messege masih ada di outbox ya?
    padahal menurut konfirmasi recepientnya, email saya sudah keterima, bahkan keterimanya berkali kali, sampai lebih dari satu kali untuk satu email.

    mohon petunjuknya, bagaimana ya solusinya.

    terima kasih

  • Asep says:
    June 8, 2009 at 5:49 pm

    Pa untuk setting di Advanced outging mail nya Brp Apakha?? masih pake 465?

  • Hendra W Saputro says:
    March 5, 2009 at 2:12 am

    Iya Pak, begitulah adanya. Resikonya adalah, lambat diterima oleh penerima. Trus, dalam kasus yg berat, bisa ditolak sama server penerima. Karena apa ? Karena SMTP Authentication nya tidak ada. Identitas pengirim dan pembawa (Indosat) berbeda. Sebetulnya rentan sih. Kadang email nya hilang entah kemana. Beda jika SMTP nya pake server sendiri. Pengirim dan pembawa sama.

  • Herikson says:
    March 5, 2009 at 2:06 am

    makasih pak hendra…..ternyata itu toh masalahnya…OK..diubah settingannya…

  • Hendra W Saputro says:
    March 4, 2009 at 11:02 pm

    Mohon konsultasi dengan perusahaan hosting nya pak. Ketika tidak bisa/error, biasanya ada pesan error nya. Akan bisa dianalisa kekeliruan yg terjadi. Kalau di server kami, setingan diatas cukup mujarab. Terima kasih komentarnya.

  • sugeng says:
    March 4, 2009 at 9:26 pm

    Infonya sangat membantu tetapi aq masih belum bisa mengunakannya padahal aq sudah ngikuti apa yang disarankan untuk merubah smtp nya.

  • Hendra W Saputro says:
    March 4, 2009 at 12:34 pm

    Siang Pak.
    Jika Bapak memang menggunakan koneksi internet Indosat. Maka SMTP server harus menggunakan mereka di : smtp.indosat.net.id dan me non aktifkan SMTP Authentication nya. Email akan terkirim tetapi tidak real time, karena harus mampir ke server Indosat untuk di filter dan masuk daftar antrian pengiriman. Perbedaannya hanya diwaktu saja. Saya telah mencoba menggunakan koneksi Indosat dan menerapkan cara diatas. Lancar kok pak.

  • The Team-Jenger, Ginny, Pidit, Rofiq dan Desi says:
    March 4, 2009 at 12:10 pm

    Selamat Siang.
    Kami ingin mengatakan bahwa memang benar bahwa selama ini kami sering mengalami masalah dalam mengirim email terutama pada saat kami mengirim email dalam jumlah yang banyak.
    Tapi belakangan ini bukan hanya itu saja masalahnya, kami juga pernah mengalami dimana email kami tidakterkirim ke klien karena mungkin dari permasalahan yang anda jelaskan di atas.
    Pertanyaan dari kami, apakah jika kami merubah SMTP server atau menonaktifkan SMTP Authentication, maka kami tidak akan menemui masalah seperti sebelumnya?
    Karena ini tidak akan bagus untuk kelancaran komunikasi bisnis kami yang sebagian besar menggunakan email.
    Terima kasih untuk informasi dan waktunya.

Leave A Response

Promo Hosting

Promo 3 Tahunan Web Hosting

Mendapatkan 3 tahun kontrak web hosting hanya dengan bayar harga setahun, gratis domain name hingga beri cashback ke pelanggan. Stock sangat terbatas dan bilamana tercukupi maka promo akan kami akhiri. Segera klaim paket web hosting 3 tahunan nya di halaman Promo Hosting 3Tahunan.

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux