Pindah Blog sesama WordPress : Import File XML WordPress diatas 5 Mb

Pindah Blog sesama WordPress : Import File XML WordPress diatas 5 Mb

Kadangkala jika kita mempunyai blog yang masih nebeng di WordPress dan masih menggunakan nama blabla.wordpress.com menginginkan pindah ‘rumah’ agar bisa menggunakan nama dan hosting pribadi, misal berubah menjadi www.blogsendiri.com. Ada pula yang ingin pindah nama sekaligus pindah web hostingnya. Misal dari blog www.bloglama.com ke www.blogbaru.com

Yang harus dipindahkan adalah : data isi blog (posts, pages, comments, custom fields, categories, and tags), plugin, dan theme.

Untuk memindahkan data isi blog, harus melakukan eksport file XML atau disebut juga file WordPress eXtended RSS (WXR). Untuk melakukan eksport, masuk terlebih dahulu ke dashboard blog lama. Masuk di Tools > Export dan klik pada tombol Download Export File. Simpan file tersebut di komputer.

Kemudian masuklah ke dashboard blog baru, klik pada Tools > Import, pilih WordPress. Upload file xml yang terdownload tadi ke blog baru. Biasanya, file maksimum yang diperbolehkan adalah berkisar dari 5 – 8 Mb. Bagaimana jika berat file XML blog lama melebihi kapasitas upload, misal 12 Mb ?

Merujuk ke WordPress FAQ, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, adalah :

  • Menaikkan memory limit setting di php.ini (e.g. memory_limit = 64M ;). Harus kontak admin server.
  • Menaikkan memory limit melalui .htaccess (e.g. php_value memory_limit 64M). Kebanyakan server hosting tidak memperbolehkan, kontak admin server.
  • Menaikkan memory limit melalui wp-config.php (e.g. define(‘WP_MEMORY_LIMIT’, ’64MB’);)

Sebelumnya, file xml yang besar tersebut bisa di kompres menjadi file Gzip menggunakan program 7Zip.

gzip-wordpress-xml-file

Jika proses upload selalu kehabisan memori limit, sebaiknya bekerjasama dengan pemilik server (admin) agar bisa menambahkan memori limit untuk sementara.

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux