PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Beda Blog dan Website

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Seorang kawan bertanya kepada saya dan hal itu sangat mendasar sekali. Apa sih beda Blog dan Website ?. Saya akan menjawab secara singkat dan padat jika tentang website, dimana pengertian website sudah saya jelaskan dalam artikel terdahulu dalam blog ini.

Jadi, website atau biasanya disebut juga dengan web saja, adalah kumpulan halaman yang bisa dilihat melalui software/program browser internet (Internet Explorer, Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, dll), dimana menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya. Kumpulan halaman tersebut saling bertautan satu sama lain (hyperlink) yang membentuk satu/beragam rangkaian informasi.

Berdasarkan kegunaannya, website terbagi menjadi banyak nama turunan, misal : website company profile, shopping online, catalog online, news publishing, blog (weblog), forum, member online, dll.

Blog sendiri berasal dari kata Web dan Log, adalah sistem website yang berguna untuk organisir publikasi data teks, gambar, video, audio, dan animasi. Karena sistem blog dibangun menggunakan database, maka publikasi data terorganisir (berdasar waktu dan kategorisasi) dengan baik bagaikan sebuah buku log (catatan kronologis peristiwa).

Munculnya website sistem blog tidak bisa lepas dari asal sejarah penamaan Blogger. Blog pertama kali diciptakan oleh sebuah perusahaan IT di San Fransisco bernama Pyra Labs pada bulan Agustus 1999 dengan co-founder bernama Evan Williams dan Meg Hourihan. Program blog tersebut akhirnya diberi nama Blogger.

Blogger dimulai, dengan cara sederhana, dan akhirnya membesar, selama beberapa tahun. Pada akhirnya, Blogger dibeli oleh Google Inc pada tahun 2003 dan bertahan sampai sekarang. Oleh pendirinya, Blogger sejatinya berfokus untuk menolong orang memiliki suara mereka sendiri di web dan mengorganisasikan informasi dunia dari perspektif perorangan.

Karena blog adalah sebuah sistem website, maka programmer website berlomba-lomba menciptakan sistem blog yang bisa digunakan oleh orang awam sekalipun (user friendly). Maka bermunculan produk-produk sistem blog yang banyak kita jumpai, semisal blogspot.com, wordpress.com dll.

Diolah dari berbagai sumber :
Blogger
Berita pembelian Blogger oleh Google.
Wikipedia

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Sunday, November 1st, 2009 at 1:42 am and is filed under Blogspot, Informasi IT. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
dongkrak
BOC Banner

6 responses to “Beda Blog dan Website”

  1. […] di Bali Orange Communications, Hendra W.Saputro, Arip Yulianto dan Viar S.Kusuma yang telah banyak memberikan bantuan ilmu, […]

  2. rahmawati says:

    trimakasih ulasan nya membuat saya mengerti. Tuhan memberkati BOC

  3. martos says:

    thank you, the info is so good

  4. MAN RENGAT says:

    makasih atas infonya…

    saya jadi bisa sedikit mengerti tentang pebedaan website dan blog.

  5. Jadi tambah mengerti nih tentang perbedaan ini.

  6. MIfta says:

    kirain sama, cuma blog nggak pake domain sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Workshop Digital Marketing - DONGKRAK

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc