Beda Blog dan Website

Beda Blog dan Website

Seorang kawan bertanya kepada saya dan hal itu sangat mendasar sekali. Apa sih beda Blog dan Website ?. Saya akan menjawab secara singkat dan padat jika tentang website, dimana pengertian website sudah saya jelaskan dalam artikel terdahulu dalam blog ini.

Jadi, website atau biasanya disebut juga dengan web saja, adalah kumpulan halaman yang bisa dilihat melalui software/program browser internet (Internet Explorer, Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, dll), dimana menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya. Kumpulan halaman tersebut saling bertautan satu sama lain (hyperlink) yang membentuk satu/beragam rangkaian informasi.

Berdasarkan kegunaannya, website terbagi menjadi banyak nama turunan, misal : website company profile, shopping online, catalog online, news publishing, blog (weblog), forum, member online, dll.

Blog sendiri berasal dari kata Web dan Log, adalah sistem website yang berguna untuk organisir publikasi data teks, gambar, video, audio, dan animasi. Karena sistem blog dibangun menggunakan database, maka publikasi data terorganisir (berdasar waktu dan kategorisasi) dengan baik bagaikan sebuah buku log (catatan kronologis peristiwa).

Munculnya website sistem blog tidak bisa lepas dari asal sejarah penamaan Blogger. Blog pertama kali diciptakan oleh sebuah perusahaan IT di San Fransisco bernama Pyra Labs pada bulan Agustus 1999 dengan co-founder bernama Evan Williams dan Meg Hourihan. Program blog tersebut akhirnya diberi nama Blogger.

Blogger dimulai, dengan cara sederhana, dan akhirnya membesar, selama beberapa tahun. Pada akhirnya, Blogger dibeli oleh Google Inc pada tahun 2003 dan bertahan sampai sekarang. Oleh pendirinya, Blogger sejatinya berfokus untuk menolong orang memiliki suara mereka sendiri di web dan mengorganisasikan informasi dunia dari perspektif perorangan.

Karena blog adalah sebuah sistem website, maka programmer website berlomba-lomba menciptakan sistem blog yang bisa digunakan oleh orang awam sekalipun (user friendly). Maka bermunculan produk-produk sistem blog yang banyak kita jumpai, semisal blogspot.com, wordpress.com dll.

Diolah dari berbagai sumber :
Blogger
Berita pembelian Blogger oleh Google.
Wikipedia

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux