Setting Target Bahasa di Google Ads

Setting Target Bahasa di Google Ads

Ketika beriklan di Google Ads, ada pertanyaan “Setting bahasa (language) apa saja yang harus dipilih ketika menentukan target iklan agar muncul di sisi user (pengguna/pemirsa/konsumen)?”

Beberapa praktisi Google Ads ada yang bilang: Google akan mendeteksi bahasa yang disetting di browser user. Ada yang bilang bahasa yang disetting di Operating System (OS). Ada yang bilang bahasa yang disetting di akun Google/Gmail user.

Masih kata beberapa praktisi itu bahwa iklan Anda akan muncul di user yang bahasa-bahasa nya sesuai settingan browser atau OS atau akun gmail.

Apakah kata praktisi Google Ads itu benar? Ya benar namun ada tambahan nya. Berikut informasi dari panduan Google Ads nya langsung:

Cara Google Ads mendeteksi bahasa

Iklan Yang Muncul Di Search Network (Google Search)

Google Ads menggunakan berbagai sinyal (signal) untuk memahami bahasa mana yang diketahui user, dan berupaya menyajikan iklan terbaik yang tersedia dalam bahasa yang dipahami user. Sinyal-sinyal ini dapat mencakup bahasa kueri, setelan (setting) pengguna, dan sinyal bahasa lainnya seperti yang dihasilkan oleh algoritma teknologi Google.

Contoh:

Agus mengerti bahasa Inggris dan Indonesia. Meski browser selulernya (smartphone) disetting ke bahasa Indonesia, aktivitasnya yang lain di Google menunjukkan bahwa ia juga menggunakan bahasa Inggris; misalnya: banyak gunakan kata pencarian dalam bahasa Inggris, seperti “buy shoes online”. Oleh karena itu, ia memenuhi syarat untuk melihat iklan yang menargetkan bahasa Inggris atau Indonesia, jika kata kuncinya cocok.

Iklan Yang Muncul Di Google Display Network

Di Google Display Network, Google Ads dapat mendeteksi dan melihat bahasa halaman atau aplikasi yang dilihat seseorang atau baru saja dilihat, untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan. Hal ini berarti bahwa Google dapat mendeteksi bahasa, baik dari halaman yang sebelumnya telah dilihat orang maupun halaman yang saat ini sedang dilihat.

Contoh

Agus telah melihat beberapa blog memasak yang ditulis dalam bahasa Jepang, dan dia melihat iklan yang ditargetkan untuk bahasa Jepang. Dia juga dapat melihat iklan berbahasa Jepang bahkan saat dia membaca blog lain yang ditulis dalam bahasa Inggris karena riwayat penayangannya (history).

Saran Setting Bahasa di Google Ads

Jika ber iklan di Google Ads untuk website Anda yang berbahasa Indonesia, sebaiknya memilih setting target bahasa nya Indonesia dan Inggris. Karena kadang user menggunakan laptop/smartphone nya untuk membuka konten-konten dalam bahasa Indonesia dan Inggris. User juga kadang setting bahasa di browser/OS/akun Google nya gunakan dua bahasa tersebut.

Referensi : Google.

dongkrak
BOC Banner
Boc Digital

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux