PERUSAHAAN WEB HOSTING MURAH, DOMAIN NAME DAN WEB DEVELOPMENT INDONESIA

Tonton Taufik, Sukses melalui Internet Marketing

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

toton1.jpgSebagian besar, kalau tidak semua, kisah sukses para wirausahawan selalu dimulai dari kata “coba-coba”. Bedanya, “coba-coba” yang ini dilandasi dengan intuisi yang bagus, kepekaan melihat peluang dan visi ke depan yang jauh. Dan, semua itu ada pada diri Tonton Taufik ketika memutuskan untuk berbisnis lewat internet. Terbilang nekad mengingat ia tak memiliki latar belakang pendidikan formal bidang IT, melainkan Teknik Sipil (Unpar, Bandung). Namun, setidaknya kenekatan itu masih didukung dengan gelar MBA yang diperolehnya dari ITB. Sedangkan inspirasinya datang dari CNN.

“Waktu itu lihat iklan di CNN yang mengatakan 85% buyer datang dari search engine,” kenang Tonton ketika ditemui Niriah.com di sela kesibukannya menjadi pembicara seminar Internet Marketing yang diselenggarakan oleh Hewlett-Packard di Blitz, Grand Indonesia, Jakarta, 28-29 Nopember 2007.

Dengan modal awal kira-kira Rp 5 juta, di bawah bendera Rattandland Furniture, ia membeli domain, membuat website dan menawarkan produk meubel dari rotan untuk pasar luar negeri. Waktu itu menjelang penghujung 1999 dan, ia memulainya “…benar-benar mulai dari nol, sebelumnya saya nganggur dan susah nyari kerja,” ujar pengusaha kelahiran Bandung (14 Agustus 1974) yang kini menetap dan menjalankan bisnisnya di Cirebon itu. Kendati demikian, usaha bisnis rotan bukanlah sesuatu yang sama sekali asing baginya; ia pernah menjadi perantara jasa finishing meubel rotan.

toton2.jpg

Dari website itulah, Tonton mendapatkan buyer satu demi satu, hingga sekarang telah berjumlah 72 perusahaan dari berbagai negara yang membeli produknya. Meskipun sukses itu tak serta-merta, namun boleh dibilang juga bahwa ia tak banyak mengeluarkan keringat untuk apa yang dicapainya sekarang. Semuanya dikerjakan oleh teknologi. Kuncinya, “Website dibikin dengan benar sedemikian rupa sehingga berada di peringkat atas dalam situs-situs search engine,” ungkap suami dari seorang dokter gigi dan ayah dari dua orang putera masing-masing berusia 4 dan 2,5 tahun itu.

Tonton terus memperbaiki websitenya seiring dengan perkembangan perusahaannya yang sebelumnya berbentuk CV menjadi PT pada 2003 karena domain rattanland juga berubah menjadi dotcom. Kini Tonton telah memiliki sejumlah website lain untuk mewadahi bisnisnya yang terus tumbuh, yakni tradeworld.com, theteak.com dan woodfurniture.net. “Perkembangannya termasuk cepat dan saya tidak membayangkan akan sesukses ini,” tutur dia seraya menyebut bahwa saat ini omset usahanya lebih dari Rp 1 miliar per bulan. Banyak orang mengirim email kepadanya, menanyakan rahasia suksesnya berbisnis lewat internet dan dia pertama kali selalu menekankan untuk membuat website dengan benar agar tertangkap oleh mesin pencari seperti Google.

Tentang www.tradeworld.com

www.tradeworld.com adalah alibaba Indonesia asal Cirebon. Sang pemilik Toton Taufik mempunyai ambisi untuk mengalahkan Jack Ma pendiri alibaba.com. Langkah yang ia tempuh adalah membeli domain yang dua tahu lalu sudah dimiliki orang yaitu www.tradeworld.com. Ia tahu domain itu seperti mengandung emas. Bayangkan, jika domain itu dibeli secara normal (belum ada yang memiliki sebelumnya) harganya tidak sampai Rp 100.000 untuk registasi setahun. Kini ia malah harus membeli sampai Rp 60 juta.

Setelah setahun mengelola tradeworld.com, mulai 3 Desember 2008 ia meluncurkan desain barunya. Seperti alibaba.com, tradeworld.com juga menyajikan informasi aneka produk yang ditawarkan kepada publik dunia. Calon buyer yang mencari barang bisa surfing di situ. Kalau menemukan barang yang dicari tinggal menghubungi perusahaan produsennya melalui telepon atau email.

Dia hanya memungut biaya membership para eksportir yang ingin produknya terpajang di tradeworld.com. Untuk sekedar mencantumkan nama dan alamat perusahaan saja ia tidak memungut biaya (anggota standard). Tapi bagi mereka yang mencantumkan alamat produk serta gambar produknya biayanya US$ 12 per tahun (anggota silver). Jika ingin ditambah dengan link ke website-nya, member harus mengeluarkan biaya keanggotaan dua kali lipat, yaitu US$ 24 per tahun (anggota gold).

Seperti banyak diceritakan, Jack Ma berhasil menyulap alibaba.com menjadi bisnis yang mendatangkan banyak uang. Ma sendiri awalnya hanyalah seorang guru bahasa Inggris di Negeri Tirai Bambu itu. Berkat bahasa Inggris itulah ia mulai mengenal internet. Tahun 1995 ia mulai membangun sebuah website. Mungkin website pertamanya di China. Gara-gara ini ia malah dijadikan penasihat di Kementrian Informasi China.

Lalu alibaba didapat karena waktu Jack Ma sedang ke Amerika, ia mendengar sejumlah orang menyebut nama alibaba. Ternyata, katanya, alibaba itu dikenal di mana-mana. Dari situlah ia mengambil domain alibaba.com untuk website e-commerce-nya. Tahun 1998 mulailah ia dan 18 orang rekannya mendirikan alibaba.com.

Tradeworld.com adalah website ke enam yang dimiliki Toton. Sebelumnya ia memiliki woodfurniture.net, rattanland.com, export-import-indonesia.com, dan theteak.com, serta petrotrans.com. Belum termasuk totontaufik.com yang menjadi pintu ke enam tradeworld.com. woodfurniture.net adalah portal bagi eksportir atau produsen furniture yang berbahan baku rotan baik dari Indonesia maupun luar negri. export-import-indonesia.com adalah website untuk ekspor impor Indonesia. Sedangkan theteak.com adalah portal untuk furniture berbahan baku kayu jadi. Terakhir petrotrans.com adalah website usahanya yang bergerak di bidang transportasi BBM.

Sumber : http://www.niriah.com

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
This entry was posted on Monday, April 20th, 2009 at 3:52 am and is filed under Kisah Sukses. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
dongkrak
BOC Banner

4 responses to “Tonton Taufik, Sukses melalui Internet Marketing”

  1. […] kita mengacu kepada cerita yang dipaparkan oleh Toton Taufik, pemilik tradeworld.com, dia memulai bisnisnya secara online karena terinspirasi oleh sebuah berita […]

  2. erik says:

    mantap…ini dia….yang harus ditiru..bukan sekedar cari uang sepat dan panas di internet dengan jualan e-book yang kuno…..bisnis itu ya harus jualan produk yang menguntungkan orang lain juga…..istilah kerennya value-added….bagi orang lain…..
    maju terus internet marketer indonesia.

  3. buktisukses says:

    bener.semua emang perlu keberanian.hidup bisnis internet!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang BOC Indonesia
Sejak tahun 2003 sebagai perusahaan penyedia domain name ekstensi internasional dan Indonesia, serta penyedia web hosting datacenter Indonesia, Singapura dan USA. Layanan lain adalah website developer dan konsultan internet marketing.

Workshop Digital Marketing - DONGKRAK

Proposal Domain name dan web hosting
@idboc