Tujuan Search Engine Optimization (SEO)

Tujuan Search Engine Optimization (SEO)

Calon pelanggan bersabda, “Pak saya ingin website saya menempati posisi top 10 untuk kata kunci blablabla di Google dalam waktu sebulan!“. Untuk menjadi top 10 adalah suatu keniscayaan dan memang bisa. Tetapi ada hal yang harus dipahami bersama bahwa untuk bisa bertengger secara alami di google tidaklah secepat kilat kurang dari 1 bulan.

Google sendiri punya masa/waktu dan alogaritma tersendiri untuk menyusun sebuah website menjadi top 10 dengan kata kunci (keywords) yang super padat. Contoh kata kunci padat adalah bali hotel, bali villa, hotel in bali, dll. Dan dijamin, waktu kita dalam mentargetkan kata kunci tertentu akan segera habis dan pengunjung (visitor) tidak segera datang ke website.

Kecuali, Anda mampu meyakinkan pelanggan untuk mengalokasikan dana untuk ikut program Google Adwords dan memasang kata kunci tersebut dengan nilai tertinggi dalam penawaran posisi pencarian. Klo itu, dijamin bakalan gampang. Tapi, yang kita bicarakan disini adalah bertarung dengan hasil pencarian yang alami. Yaitu website berada di posisi kiri dalam google search.

Jika Anda menerima tantangan SEO (Search Engine Optimization) dengan pelanggan, alangkah bijaksana jika memberikan waktu kerja dan menawarkan distribusi keywords dalam hasil pencarian di search engine. Menurut saya, menjadi top 10 secara alami dalam 1 atau 2 kata kunci dengan waktu kurang dari sebulan adalah hil yang mustahal. Stres yang akan didapat.

Setelah pelanggan faham, analisa websitenya, berikan berbagai macam potensi keywords yang bakal bisa muncul di hasil pencarian. Perbaiki website pelanggan dengan kaidah SEO, misal dengan memaksimalkan H1, H2, H3, mencantumkan meta description & keywords sesuai data aktual dalam website, pemasangan sitemap. Setelah website OK, mulailah persiapkan alat-alat SEO Anda dengan menyebarkan website yang dimaksud ke social bookmarking, link builder, website review, pasang iklan disini, disana (sesuai jaringan Anda). Lakukan ‘peperangan’ itu dalam masa kontrak yang berlaku.

Menurut saya, goal paling utama dalam kegiatan SEO secara komersial untuk pelanggan adalah pendistribusian potensi keywords yang relevan dengan isi website dalam hasil pencarian. Sehingga mampu mendatangkan pengunjung yang tepat (targeted visitor).

SEO adalah kegiatan unik yang memerlukan kesabaran tingkat tinggi. Tanpa sabar, bersiaplah menjadi gundul. Setidaknya, dibawah ini adalah hasil saya dalam 3 bulan (Desember 2008 – Februari 2009) optimalisasi website pelanggan dan they are happy. Thanks God.

statistik_ellorabali.gif

Membutuhkan jasa SEO? BOC Indonesia sediakan jasa ini. Baca informasi lebih lanjut di halaman jasa seo bali.

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux