Kampanye Online Pilkada Ataupun Caleg

Kampanye Online Pilkada Ataupun Caleg

Apa impian calon pemimpin dalam PILKADA?

Masyarakat mengenali calon pemimpinnya dengan memperoleh informasi akurat tentang visi, misi, program kerja dan kegiatan kemasyarakatan yang membangun. Kemudian timbul interaksi harmonis diantaranya dengan aksi saling mendukung satu sama lain.

Goal Kampanye Secara Online

  • Masyarakat mudah mengenali calon pemimpinnya
  • Masyarakat memperoleh informasi akurat
  • Masyarakat bisa interaksi dengan calon pemimpinnya
  • Meningkatkan pengaruh sosial calon pemimpin

Masalah Bagi Calon Pemimpin Dalam Masa Kampanye PILKADA

  • Masa Pandemi Covid-19
  • Tidak boleh mengumpulkan masa dalam jumlah besar
  • Kampanye tatap muka hanya dibatasi maksimal 50 orang
  • Media publikasi yang terbatas
  • Keterbatasan waktu dan relawan
  • Biaya kampanye mahal

Solusinya?

Menciptakan media dalam genggaman (online) yang dapat menjangkau masyarakat sebanyak-banyaknya dan bisa diakses 24 jam dengan dana terjangkau.

Kenapa Harus Media Online?

Pengguna Internet Indonesia per tahun 2020 adalah 175.4 juta users (orang)

Pengguna internet indonesia untuk pilkada

Usia pengguna internet Indonesia adalah mereka yang produktif. Indonesia memperoleh bonus demografi pada tahun 2020 – 2030.

Bonus demografi adalah suatu kondisi dimana jumlah penduduk produktif atau angkatan kerja (usia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk yang tidak produktif (di bawah 5 tahun dan di atas 64 tahun).

Usia pengguna internet Indonesia untuk pilkada

Website yang sering dikunjungi oleh pengguna internet adalah GOOGLE & YOUTUBE. Masyarakat gunakan GOOGLE untuk cari informasi. Maka website calon pemimpin harus muncul disana. Tentunya harus punya channel YOUTUBE juga.

Website yang sering dikunjungi

Pengguna media sosial online Indonesia semakin tinggi. Media sosial adalah tempat berkumpulnya masyarakat sehingga cepat sampaikan pesan/informasi.

Pengguna media sosial di Indonesia

Para tokoh nasional telah menggunakan alat-alat digital untuk personal branding dan kampanye online untuk menjaga dan meningkatkan pengaruh sosial nya.

Alat digital ini menjadi ASET yang bisa digunakan untuk beragam kepentingan membangun citra positif.

Anda gimana?

Statistik aset digital tokoh Indonesia

Sumber Daya Apa Saja Yang Dibutuhkan untuk kampanye online ?

1. Alat-alat digital branding.

Website
– Facebook Page
– Instagram
– Youtube

2. Digital Marketer

Mengolah dan posting konten ke alat-alat digital branding.

3. Content Creator

Mencari dan produksi konten tulisan, gambar, video, dan audio.

4. Influencer

Tokoh berpengaruh yang akan membantu meningkatkan profil calon pemimpin.

Strategic Plan Kampanye Online

Content Creator

Mempersiapkan konten tulisan, video, gambar mentahan yang akan diolah oleh digital marketer

Digital Marketer

Mempersiapkan copywriting dan konten branding (design gambar, video, editing tulisan) untuk terpublikasi ke alat-alat digital branding:

  • Website : berisi visi, misi, program kerja, profil calon pemimpin, artikel dan berita serta galleri.
  • Facebook page : berisi berita, artikel, gambar (branding, motivasi, inspirasi, dll) foto dan video kegiatan calon pemimpin.
  • Instagram : berisi gambar (branding, motivasi, inspirasi, dll) foto dan video (branding dan kegiatan) calon pemimpin.
  • Youtube : berisi video branding dan kegiatan calon pemimpin.
  • Iklan : mengiklankan gambar/video/narasi pengaruh sosial dari calon pemimpin ke masyarakat.

Influencer

Menyebarkan konten (viral) yang diproduksi oleh Digital Marketer ataupun ciptakan konten sendiri dan ikut mendukung penyebaran profil calon pemimpin.

Ditulis oleh

Hendra W Saputro

BOC Banner
dongkrak
Boc Digital

Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux